HUT Ke-529 Kota Tabanan
Semarakkan HUT Ke-529 Kota Tabanan Jayaning Singasana, Pemkab Tabanan Gelar Ragam Kegiatan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Semarakkan HUT ke-529 Kota Tabanan, yang mengusung tema Jayaning Singasana, Setia Bijaksana Dalam Menjalankan Dharma Demi Kecintaan Pada Rakyat, Pemerintah Kabupaten Tabanan gelar sederetan rangkaian kegiatan yang tak hanya diramaikan oleh seluruh ASN dan pegawai di lingkungan Pemkab namun juga melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Sejatinya rangkaian kegiatan telah dimulai pada awal bulan November, Selasa (1/11/2022) yang ditandai dengan aksi mempercantik wajah kota, seperti kegiatan pengecatan patung dan pembersihan jalan di sepanjang kota oleh ratusan ASN di lingkungan Pemkab, Parade Penjor hingga pemasangan lampu dan bendera di sepanjang Kota Tabanan.

Adapun kegiatan-kegiatan jelang HUT ke-529 Kota Tabanan ini, telah dirangkaikan di sepanjang bulan November 2022. Seperti halnya di penghujung minggu pertama yakni Sabtu (5/11/2022) Lomba Bonsai Nasional diikuti dengan Pentas Musik Sanggar Gita dan Bondres ‘Canging Mas’ akan diselenggarakan di area Lapangan Taman Bung Karno dan Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan.

Sebagai Penanda Pembukaan Peringatan HUT Kota, dengan pencanangan Car Free Day, ditandai dengan peletakan karangan bunga ke TMP Pancaka Tirta pada Minggu (5/11/2022) oleh Bupati Tabanan beserta jajaran. Selanjutnya ragam kegiatan lainnya yang berpusat di sepanjang TMP Pancaka Tirta dan Jalan Pahlawan tersebut dihiasi dengan seremoni pelepasan balon dan burung merpati, hiburan musik, serta penyerahan hadiah gebyar PBB yang menandai pembukaan HUT KOTA kali ini. Selain itu di area Gedung Kesenian I Ketut Maria juga diramaikan dengan pameran taman hias, lomba bonsai nasional dan yowana Tabanan.

Baca Juga :  Penyelenggara Judi Tajen di Lingkungan Bakung Sukasada Diciduk

 Di minggu kedua, mulai Senin (7/11/2022) hingga Minggu (13/11/2022) diisi dengan aksi sosial seperti penyerahan sembako kepada para penderita kanker, kegiatan sembahyang bersama hingga street festival sepeda motor modifikasi, Harley Tabanan Chapter. Dilanjutkan dengan penanaman bibit durian, yowana Tabanan dan KMT, lalu diikuti dengan kegiatan di penghujung minggu yakni peringatan HKN (Hari Kesehatan Nasional), pentas kolosal calon arang oleh peguyuban seniman Tabanan, lomba senam Sicita Bupati Cup yang melibatkan guru-guru tingkat SMP Se-Kabupaten Tabanan dan juga Pameran Sepeda Ontel.

Pada minggu ketiga, rentetan kegiatan dimulai dari hari Kamis (17/11/2022) dengan pementasan band-band Tabanan, lalu di hari Jumat (18/11/2022) diramaikan dengan Yoga yang melibatkan 1000 ASN, lomba karaoke staff antar OPD dan yowana Tabanan. Diteruskan pada Sabtu (19/11/2022) dengan pentas band Tabanan, dan Minggu (20/11/2022) menampilkan penari ular, pentas kesenian mandolin serta jogged mepetuk 2 barung, yang kesemuanya diselenggarakan di gedung Kesenian I Ketut Maria.

Baca Juga :  Disdikpora Denpasar Belum Keluarkan Aturan Sistem Zonasi Sekolah

Selanjutnya di minggu ke-empat, yang dimulai pada Jumat (25/11/2022), melibatkan pameran kuliner oleh IKM dan UMKM Tabanan, komunitas senam lansia yang berkolaborasi dengan pegawai dengan target sebanyak 1.000 orang, dilanjutkan dengan pentas dalang cilik dan pentas cenk blonk. Pada hari Sabtu, masih bertempat di Gedung Kesenian I Ketut Maria juga akan digelar pameran ikan hias dan fashion show anak dan ibu.

Di penghujung Minggu (27/11/2022), Pemkab Tabanan berkolaborasi dengan seluruh kecamatan, siswa siswi sekolah serta masyarakat menampilkan iring-iringan Parade Budaya Nusantara, Parade Drumband, iringan Pembawa Papan Logo HUT Kota, Parade Okokan, Pawai Ogoh-ogoh Lambang Daerah, Parade Barong, Rodat Candi Kuning, Reog Ponorogo, Gandrung Banyuwangi dan juga parade dari gabungan lima kesenian khas pegunungan dan parade gabungan 4 kesenian khas pesisir. Hingga Launching Tari Kebesaran Kabupaten Tabanan, Jayaning Singasana AUM secara massal yang rencana digelar mulai dari Kantor Bupati dengan atraksi di Jalan Gajah Mada dan berakhir di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan. Di malam harinya, rangkaian kegiatan ditutup dengan penampilan konser band kenamaan, Raja Bali dan Lolot.

Baca Juga :  Cegah Stunting di Kota Denpasar, Kelurahan Sumerta Gelar Pelatihan Olahan Menu Gizi Seimbang

Pada minggu terakhir, Senin (28/11/2022) diwarnai dengan penampilan tari-tarian oleh DWP, lomba paduan suara PKK, serta pentas band legend Tabanan dan konser musik Bagus Wirata dan Ray Peni yang dipusatkan di Gedung Kesenian I Ketut Maria. Hingga penutupan rangkaian HUT Kota pada Selasa (29/11/2022) ditandai dengan upacara peringatan Hari Lahir ke-529 Kota Tabanan di halaman depan kantor Bupati. Selanjutnya dirangkaikan juga dengan peresmian Rumah Sakit Umum Singasana Nyitdah di RSU Nyitdah.

Serta di hari tersebut juga ditayangkan video pembangunan di kabupaten Tabanan dan diikuti dengan acara potong tumpeng serta pemberian penghargaan kepada para pemenang lomba yang ditutup dengan pementasan drama tari oleh peguyuban bondres Tabanan yang keseluruhan kegiatannya dipusatkan di Gedung Kesenian I Ketut Maria dan Lapangan Taman Bung Karno Tabanan.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini