fapet unud
Prodi Sarjana Peternakan Fapet Unud Laksanakan Praktikum Teknik Pendekatan Ternak. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Prodi Sarjana Peternakan Universitas Udayana khususnya pada Mata kuliah Ilmu Tilik Ternak mengajak mahasiswa semester 3 dengan dosen pengampu Dr. Ir. Ni Luh Putu Sriyani, S.Pt., MP., IPM., ASEAN Eng. untuk melakukan praktikum di lapangan dengan Topik yang dipraktikumkan adalah tentang Teknik Pendekatan/handling Ternak pada Jumat (25/11/2022).

“Disini mahasiswa mengamati tingkah laku ternak dan praktek bagaimana cara memperlakukan ternak dengan baik dan benar,” terang Putu Sriyani.

Penanganan ternak ruminansia atau yang sering disebut dengan istilah handling adalah kegiatan perlakuan peternak terhadap ternak dengan baik dan benar.

Baik dan benar disini mengandung arti bahwa perlakuan peternak terhadap ternak tidak menyebabkan stres, cidera, ternak tercekik, atau yang lebih fatal adalah ternak sampai mati. Dan yang tidak kalah penting pada saat handling tersebut tidak menyebabkan petugas handling (handler) terinjak, tertanduk ataupun terseret oleh ternak tersebut.

Baca Juga :  BEM Fakultas Peternakan Unud Sukses Gelar Seminar Nasional Dukung Generasi Muda Kreatif

Teknik atau cara bagaimana menangani ternak akan mempengaruhi tingkah laku atau prilaku setelahnya. Perlakuan yang kasar terhadap ternak akan membuat ternak semakin memberontak dan ketakutan. Semakin ternak ketakutan maka semakin susah atau sulit untuk ditangani.

Karena ternak akan menjadi lebih liar dan ganas, bahkan kemungkinan besar ternak tidak dapat dikendalikan.(unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini