lppm unud
Perbekel Desa Sidan Apresiasi Kegiatan Pengabdian yang Dilakukan LPPM Unud. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Dalam kegiatan Program Udayana Untuk Masyarakat (PUMA), yang dilaksanaan pada Senin (14/11/2022) bertempat di Kissidan Eco Hill Retreat & Resto, Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana (LPPM UNUD) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertema “Bangkitkan Gairah Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat Dalam Wujudkan Tata Kelola dan Ekonomi Cerdas”. Kegiatan dihadiri oleh Ketua dan Sekertaris LPPM UNUD, Perbekel Desa Sidan, Kabid Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Kabupaten Gianyar, tiga orang narasumber serta peserta dari UMKM dan Kelompo Sadar Wisata (POKDARWIS) Desa Sidan.

Baca Juga :  Administrasi Publik Gelar Pengabdian Masyarakat Melalui Program Ruang Peduli Lingkungan Sekitar

Perbekel Desa Sidan, I Made Sukra Suyasa, S.Sos., menyampaikan, Desa Sidan saat ini sedang mengembangkan desa wisata, dimana Kissidan Eco Heal ini dijadikan sebagai pintu masuk ke dalam kawasan Desa Wisata Sidan. Hal yang ditonjolkan dari Kissidan Eco Heal yang baru berumur enam bulan ini adalah panorama alam serta pertanian organiknya.

“Kegiatan ini diharapkan mampu untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, terutama POKDARWIS di Desa Sidan, tentang bagaimana cara melayani wisatawan yang berkunjung ke Desa Sidan, baik wisatawan lokal, maupun internasional,” paparnya.

Baca Juga :  FH Unud Menghadiri Pertemuan BKS FH PTN Wilayah Timur

Disamping itu, dapat juga menambah pengetahuan masyarakat terhadap bagaimana cara mempromosikan daerahnya secara digital, baik itu melalui media sosial, website, dan lain–lain.

“Kami berharap agar Desa Sidan dapat menjadi salah satu desa cerdas yang ada di Provinsi Bali, agar dapat menjadi desa yang maju dan berkembang yang dapat juga mensejahterakan masyarakatnya. Selain itu juga, dengan adanya sosialisasi tentang UMKM dan enterpreneurship berbasis digital yang tentunya akan menambah pengetahuan peserta setelah mengikuti kegiatan ini serta akan mampu mengembangkan usahanya ke arah yang lebih baik,” tambahnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini