fpar unud
Program Studi Doktor Pariwisata Unud Gelar Webinar Nasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Doktor Pariwisata Universitas Udayana Angkatan 13 Tahun 2022 untuk pertama kalinya menggelar webinar nasional yang dilaksanakan secara daring, Selasa (1/11/2022).

Berawal dari ruang kuliah, ide menyelenggarakan webinar ini mengemuka guna memperdalam pemahaman sekaligus memberikan perspektif baru pada mata kuliah “Krisis Disaster Dalam Pariwisata”. Menghadirkan narasumber pakar dari Department Public Policy and Management, Faculty of Social and Political Science, Universitas Gadjah Mada, Erda Rindrasih, S.Si, MURP, PhD, Webinar ini mengambil topik: ‘Travel by Design: Memotret Kebijakan Pengembangan Pariwisata di Destinasi Rawan Bencana’.

Baca Juga :  Mahasiswa Prodi TIP FTP Unud Lakukan Evaluasi Suhu Awal Penyeduhan Teh Serai Wangi  

Wakil Dekan I Fakultas Pariwisata sekaligus Dosen Pengampu Mata Kuliah Krisis Disaster Dalam Pariwisata, Dr. I Nyoman Sukma Arida, S.Si., M.Si., memberikan sambutan sekaligus menekankan akan pentingngnya manajemen krisis bagi pembangunan kepariwisataan di Indonesia dan di Bali sendiri.

“Melalui webinar ini mahasiswa mampu memahami lebih dalam  materi perkulihaan yang telah diajarkan di kelas dengan pengayaan materi terkait kebijakan pengembangan pariwisata pada daerah rawan bencana,” ucap Sukma Arida.

Bagi peserta lainnya, diharapkan webinar ini akan memberikan pengetahuan terkait pariwisata dan kebencanaan, serta manajemen krisis.

Dalam pemaparannya, Narasumber memaparkan keterkaitan pariwisata dengan mobilitas dan pentingnya mendesain mobilitas tersebut dengan memperhatikan faktor resiko bencana. Mengambil studi kasus pada bencana tsunami di Aceh, narasumber memaparkan bagaimana tahapan pembangunan kepariwisataan pasca bencana dikaitkan dengan teori Tourist Area Life Cycle serta penerapan manajemen penanggulanan bencana (disaster risk reduction) dan manajemen resiko bencana (disaster risk manajement).

Baca Juga :  Ilham Ramadhani: Kegigihan untuk Berprestasi di Sayap Rajawali

Dimoderatori oleh mahasiswa program doktor pariwisata UNUD, sekaligus pengamat pariwisata Bali, Bapak Hery Angligan SH, M.Par., webinar nasional ini dihadiri oleh 232 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Tingginya antusias peserta terlihat dari banyaknya pertanyan yang masuk pada sesi tanya jawab dan diskusi.

Bahkan karena keterbatasa waktu tidak semua pertanyaan dapat didiskusikan. Webinar diakhiri dengan resume yang disampaikan oleh dosen pengampu mata kuliah Krisis Disaster Dalam Pariwisata lainnya yaitu Dr. Ni Putu Ratna Sari, S.ST.Par.,M.Par serta pemberian sertifikat penghargaan kepada narasumber dan pembagian doorprize kepada para penanya yang beruntung. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini