giat bank sampah
Masyarakat Kelurahan Sesetan Antusias dalam Giat Bank Sampah Gumi Resik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sebanyak 43.3 kg sampah an organik berhasil terkumpul pada kegiatan Bank Sampah Gumi Resik Kelurahan Sesetan, Minggu (13/11/2022). Oleh pihak kelurahan setempat.

“Kegiatan Bank Sampah Gumi Resik ini adalah kegiatan rutin kami, yang dilakukan 2 kali dalam sebulan yaitu pada awal bulan. Kegiatan ini dilaksanakan saat arisan rutin PKK di Kantor Kelurahan dan di pertengahan bulan di  Banjar masing-masing lingkungan,” kata Lurah Sesetan, Wisnu Wardana.

Turut hadir di tengah kegiatan ini PKK Kelurahan Sesetan dan ibu-ibu Kelurahan Sesetan yang sangat antusias mengikuti kegiatan penimbangan sampah ini.

Partipasi dan kesadaran masyarakat dalam hal pemilahan sampah, menurut Wisnu Wardana sangat diperlukan yang bertujuan dapat membantu mengurangi beban daya tampung TPS3R Sesetan.

Baca Juga :  Pelaku Pencurian Spesialis Rumah Kost Dibekuk Aparat Polsek Kuta Utara

“Harapan soal kesadaran dan partisipasi warga dalam memilah secara swadaya sampah ini begitu besar. Untuk itu, kami mengimbau warga masyarakat dapat mengurangi sampah anorganik di Kelurahan Sesetan terutama adalah sampah plastik,” tuturnya.

Wisnu Wardana juga menjelaskan, sistem pengelolaan bank sampah dengan masyarakat adalah dengan cara masyarakat hadir menukar sampahnya pada jadwal yang telah ditentukan, kemudian hasilnya dapat dicatat pada buku tabungan dan dicairkan dengan uang saat hari raya Galungan.

“Sebanyak 43.3 kg sampah ini meliputi, botol plastik, multiplayer, kardus, kertas cetak, duplek, kresek, dan sampah yang bisa didaur ulang,” kata Wisnu Wardana.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini