budidaya lele
Gencarkan Program Ketahanan Pangan, Kelompok Uma Mina Segara Desa Pemogan Budidayakan Ikan Lele. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam upaya menekan laju inflasi terus dilakukan berbagai pihak. Tidak terkecuali Desa Pemogan yang pada Minggu (13/11/2022) yang memiliki kelompok Budidaya Ikan Uma Mina Desa Pemogan melakukan panen Ikan Lele.

Hal itu diungkapkan Perbekel Desa Pemogan, Made Suwirya yang juga turut mendukung anggota kelompok budidaya ikan Uma Mina Desa Pemogan.

Dalam kegiatan ini, kolam budidaya ikan lele ada di Dusun Gelogor Carik yang melibatkan warga Desa Pemogan.

Warga masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Uma Mina diajak untuk melakukan budidaya Lele.

Baca Juga :  Tahun 2024, Distan Denpasar Targetkan Vaksinasi Rabies Sasar 73.975 HPR

“Kami berharap kedepannya dengan budidaya ikan lele dapat menambah penghasilan dan ketahanan pangan serta ekonomi masyarakat,” kata Made Suwirya.

Made Suwirya menambahkan, strategi budidaya yang baik adalah dengan menjaga pakan dan kualitas air. Selain itu, sirkulasi air kolam setelah bibit lele sebulan harus bagus. Pencegahan penyakit pada ikan lele dilakukan dengan menebar daun pepaya dan mengkudu di air kolam sebagai antibiotik untuk ikan lele.

“Kelompok Uma Mina Desa Pemogan yang memiliki anggota 12 orang dengan jumlah kolam ada 7 kolam dapat terus berkembang. Hasil panen perdana 4 kolam adalah 536 kg Lele selama 72 hari dengan keuntungan Rp500.000, jadi total Rp2.000.000,” tutupnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News