Kendaraan Listrik
Dukung KTT G20, ITDC Tandatangani Kesepakatan Bersama Penggunaan Kendaraan Listrik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, NUSA DUA – Kawasan Pariwisata The Nusa Dua Bali, yang dikelola oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia, semakin bersiap menjelang penyelenggaraan KTT G20 yang berlangsung di Bali, 15-16 November 2022 mendatang. Kawasan Pariwisata The Nusa Dua terpilih menjadi tempat diselenggarakannya rangkaian meeting kesiapan kegiatan KTT G20, side events, pameran UMKM, media center G20, serta akomodasi bagi kepala negara dan delegasi KTT G20.

Sebagai pengelola kawasan, ITDC juga siap untuk mendukung perhelatan KTT G20 dalam bentuk penyediaan kendaraan ramah lingkunan.  Penyediaan kendaraan listrik sebagai salah satu alat transportasi di dalam dan keluar/masuk kawasan ini sesuai dengan salah satu isu prioritas KTT G20 yakni transisi energi berkelanjutan, yang bertujuan mewujudkan target net zero emission yang digaungkan pemerintah, melalui transisi dari penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil ke penggunaan kendaraan listrik ramah lingkungan yang lebih bersih.

Baca Juga :  UNPK Paket C Kota Denpasar Diapresiasi Irjen Kemendikbud

Kesiapan ITDC untuk mewujudkan target net zero emission dituangkan dalam kesepakatan bersama antara ITDC dengan PT. Elektronik Motoriz Global ‘ZERO’, PT Volta Indonesia Semesta dan PT Hyundai Motors Indonesia yang akan memaksimalkan pemanfaatan lahan di Kawasan The Nusa Dua sebagai tempat penyediaan dan service kendaraan listrik.

Kesepakatan bersama ini ditandatangani pada hari Selasa, 8 November 2022 bertempat di Kantor ITDC The Nusa Dua oleh Direktur Utama ITDC Ari Respati, Deputi Direktur PT. Elektronik Motoriz Global “ZERO” Dida Ridwansyah, Direktur Utama PT Volta Indonesia Semesta Iwan Suryaputra dan Sales Director PT Hyundai Motors Indonesia Erwin Djajadiputra.

Direktur Utama ITDC, Ari Respati mengatakan, Net Zero Emission merupakan sebuah komitmen yang telah disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik untuk menciptakan kawasan pariwisata yang ramah lingkungan.

“ITDC juga berkomitmen untuk mewujudkan pengurangan emisi karbon di kawasan pariwisata yang dikelola sesuai dengan prinsip pariwisata berkelanjutan. Hal tersebut memang tidak mudah tetapi berkat kerja sama semua pihak dengan ITDC kami yakin hal ini dapat kami wujudkan,” jelas Ari Respati.

Baca Juga :  Meski Isu Gunung Meletus, Bali Tetap Jadi Tuan Rumah Asia-Europe Transport Minister Meeting Ke-4 

Melalui kesepakatan bersama ini, ZERO dan Hyundai akan menyediakan masing-masing satu service booth, sementara Volta akan menyediakan tiga showcase unit kendaraan listrik.

Deputi Direktur PT. Elektronik Motoriz Global ‘Zero’, Dida Ridwansyah mengatakan, berterima kasih kepada ITDC dimana pihaknya dapat ikut berpartisipasi dalam mendukung kegiatan KTT G20, melalui penyediaan service booth di kawasan The Nusa Dua.

“Keikutsertaan kami dalam mendukung KTT G20 ini juga untuk menunjukkan bahwa Indonesia siap mewujudkan transisi energi berkelanjutan,” ujar Dida.

Direktur Utama PT Volta Indonesia Semesta, Iwan Suryaputra mendukung program pemerintah untuk menurunkan emisi karbon.

“Melalui event KTT G20 ini kami berterimakasih mendapat kesempatan berpartisipasi untuk menunjukkan kendaraan listrik produk Indonesia yang dikembangkan dan di design oleh tim Indonesia. Kami harap kami bisa terus berkembang bersama dengan ITDC untuk mensukseskan program pemerintah menciptakan kawasan pariwisata yang ramah lingkungan,” kata Iwan.

Baca Juga :  Fenomena Gelombang Laut Tinggi, Kasat Polair Kerahkan Seluruh Personilnya

Selanjutnya Sales Director PT Hyundai Motors Indonesia, Erwin Djajadiputra mengucapkan terima kasih kepada ITDC atas dukungan kepada Hyundai dimana pihaknya dapat menempatkan service booth Hyundai untuk mendukung kegiatan KTT G20.

Service booth ini kami bangun untuk memberikan emergency service dan pelayanan terbaik lainnya, dan sudah siap dioperasikan,” tambah Erwin.

Direktur Utama ITDC, Ari Respati menambahkan, kedepannya, sebagai bagian dari program kerja ITDC yang memasuki usia ke-50 dan seterusnya, semoga kerja sama ini dapat berlanjut di kawasan lain yang dikembangkan oleh ITDC dimana saat ini ITDC tengah mengembangkan dan mengelola Kawasan Pariwisata The Mandalika dan Tana Mori.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung komitmen net zero emission ini,” tutup Ari.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini