G20
Danrem Wirasatya Pimpin Apel Kesiapan Satgas Pamwil G20 Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M., selaku Wakil Komandan Satuan Tugas Pengamanan memimpin Apel Kesiapan Pasukan Satgas Pamwil dalam rangka Pengamanan KTT Presidensi G-20 di Provinsi Bali di lapangan apel Korem 163/Wira Satya Jln. PB. Sudirman Denpasar, Selasa (1/11/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasrem 163/WSA, Asintel dan Asops Kasdam IX/Udy, Para Kasi Kasrem 163/WSA, Dansubsatgas Rute dan Hotel/Penginapan beserta Pasukan, Para Danplek beserta Pasukan, Wadanplek Inkognito 2/Museum Pasifika beserta Pasukan.

Dalam rangka kesiapan menghadapi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali, TNI-Polri menerjunkan pengamanan maksimal, Kegiatan skala internasional yang digelar dari 15-16 November 2022 itu, Kodam IX/Udayana sekitar 8.000 personel, untuk Satgas Pengamanan Wilayah dan Satgas Evakuasi Bencana.

Panglima Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana, Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., selaku Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah yang dibacakan oleh Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Choirul Anam, S.E., M.M., selaku Wakil Komandan Satuan Tugas Pengamanan Wilayah menyampaikan bahwa pada 15-16 Nopember 2022 kita akan menghadapi perhelatan besar yaitu KTT Presidensi G20 yang berlangsung di Provinsi Bali.

Baca Juga :  Gandeng Jurnalis dan Blogger, Astra Motor Bali Kupas Teknologi Honda EM1:e

“Ditunjuknya Indonesia khususnya Bali sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan G20 kali ini merupakan sebuah kehormatan sekaligus kepercayaan yang diberikan oleh dunia Internasional. Kehormatan dan kepercayaan tersebut harus kita junjung tinggi dengan cara berbuat maksimal agar kegiatan dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancer,” ungkapnya.

“Untuk itu, Apel pengecekan sangat perlu dilaksanakan untuk mengetahui dan meyakinkan sampai sejauh mana kesiapan Satgas Pamwil secara keseluruhan, baik personel maupun materiil, sarana pendukung serta pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing,” tegasnya.

Baca Juga :  Disdukcapil Kota Denpasar Gelar Pendataan Penduduk Kepada Ratusan Penumpang Kapal di Pelabuhan Benoa

Selain itu, manfaatkan apel pengecekan ini sebagai sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan sehingga tidak terjadi hambatan sekecil apapun dan manakala terjadi hambatan dapat segera diatasi

Agar pengamanan dapat berjalan sesuai yang kita harapkan maka pada kesempatan ini Pangdam IX/Udayana menyampaikan beberapa penekanan yang harus dipedomani oleh seluruh peserta apel:

Pertama, senantiasa memanjatkan Doa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua, memahami dan menguasai Prosedur Tetap pengamanan VVIP.

Ketiga, pegang teguh disiplin dengan pahami rantai Komando secara efektif dan efisien.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Ibadah Paskah MPUK Denpasar, Komitmen Wujudkan Kerukunan Umat Beragama Ciptakan Masyarakat Produktif dan Kreatif

Keempat, tingkatkan kepekaan, jangan lengah, cermati dan ikuti perkembangan situasi serta laporkan sesuai hirarkhi.

Kelima, laksanakan koordinasi secara optimal serta jangan ragu dalam bertindak.

Keenam, jaga nama baik satuan serta selalu jalin hubungan harmonis dengan masyarakat, karena TNI kuat bersama rakyat.

Ketujuh, utamakan faktor keamanan baik personel maupun materiil yang menjadi tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Kedelapan, jaga kesehatan dengan tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan.

“Beberapa penekanan yang saya sampaikan agar dipahami, dipedomani dan dilaksanakan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab oleh seluruh personel Satgas Pamwil agar kegiatan KTT Presidensi G20 dapat berjalan dengan sukses,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News