BPIP RI
BPIP RI Berkolaborasi dengan Unud dan Kompas TV Selenggarakan Seminar Pancasila 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) bersama Universitas Udayana (Unud) dan Kompas TV selenggarakan Seminar Pancasila 2022 Series 5 yang diselenggarakan secara hybrid dengan titik lokasi utama di Auditorium Widya Sabha, Senin (21/11/2022). Seminar ini mengangkat tema “Pancasila Inspirasi Dunia untuk Kesejahteraan dan Perdamaian”.

Hadir 5 narasumber dalam kegiatan ini diantaranya Dr. Darmansjah Djumala, S.E., M.A., selaku Dewan Pakar BPIP RI Bidang Strategi Hubungan Luar Negeri, Brigadir Jenderal TNI Heru Langlang Buana, S.I.P., M.Si., selaku Wakil Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian TNI, Bernarda Rurit selaku Penulis Buku Pancasila dari Indonesia untuk Dunia, Nara Masista Rakhmatia selaku Diplomat RI/Sekretaris Pertama PTRI Jenewa, serta Laksmi De Neefe Suardana selaku Putri Indonesia 2022.

Baca Juga :  Tinjau Plan Sicerdas PAUD Denbar, Antari Jaya Negara Harapkan Sinergi Semua Pihak Sukseskan Transisi PAUD-SD Yang Menyenangkan

Sekretaris Dewan Pengarah BPIP RI Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, S.I.P., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Presiden RI Joko Widodo melalui kegiatan G20 telah menyerukan untuk menghentikan peperangan demi mewujudkan kesejahteraan dan kebangkitan dari perekonomian dunia. Tentunya ini sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang ada. Kegiatan seminar ini mengusung tema Pancasila Inspirasi Dunia untuk Kesejahteraan dan Perdamaian sejalan dengan semangat yang ingin disebarkan oleh Indonesia.

Sementara Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pancasila adalah konsensus nasional yang kita sepakati bersama. Pancasila sebagai Dasar Negara, Pandangan Hidup, Pedoman Hidup, Jiwa Bangsa Indonesia, Kepribadian Bangsa dan Sumber Hukum dan Cita- Cita tertinggi.

Baca Juga :  Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

“Tentunya untuk mewujudkan Nilai Nilai Pancasila dalam Tindakan dan Selaras dengan Visi Universitas Udayana yakni Unggul, Mandiri, dan Berbudaya, kurikulum Pendidikan Universitas Udayana telah mengakomodasikan  Pancasila  dalam Materi Pembelajaran untuk membangun wawasan Kebangsaan dalam lingkungan pergaulan Global,” pungkas Prof Antara.

Lebih lanjut Rektor menyampaikan bahwa melalui Seminar Kebangsaan Pancasila, Inspirasi Dunia untuk Kesejahteraan dan Perdamaian kali ini merupakan wahana bagi kita semua untuk berbagi dan memperbaharui semangat dalam dada kita semua, bagaimana kita memaknai dan menghargai warisan sejarah Pancasila sebagai Puncak Budaya Daerah Indonesia yang  ber-Bhineka Tunggal Ika. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News