Menteri Suharso
Bappenas Gelar Puncak IDF 2022, Menteri Suharso Sebut Reindustrialisasi Jadi Kunci Penting Transformasi Ekonomi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional menggelar Indonesia Development Forum (IDF) 2022 dengan mengusung tema ‘The 2045 Development Agenda : New Industrialization Paradigm for Indonesia’s Economic Transformation’ di Movenpick Resort & Spa, Jimbaran, Bali pada 21-22 November 2022.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan, reindustrialisasi menjadi kunci penting transformasi ekonomi Indonesia pasca pandemi. Seiring dengan membaiknya perekonomian Indonesia, peningkatan industri pengolahan terhadap produk domestic bruto (PDB) juga menjadi prioritas.

“Industrialisasi kedepan harus menjawab lifestyle baru, yang sustainable, smart, and functional. Dengan demikian, model-model bisnis akan berubah begitupun permintaan tenaga kerja berubah dan demikian juga cara pembiayaannya,” jelas Menteri Suharso.

Lebih lanjut Menteri Suharso menambahkan, transformasi ekonomi Indonesia untuk mewujudkan visi 2045 harus dilakukan dengan industrialisasi. Sudah banyak pengalaman negara-negara maju di dunia menunjukkan bahwa untuk naik level diperlukan transformasi ekonomi.

Baca Juga :  Seorang Ibu Rumah Tangga Tewas Gantung Diri

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas, Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, untuk mencapai Indonesia sebagai negara dengan penghasilan tinggi, tidak bisa dilakukan sendirian.

“Semua harus kolaboratif, lakukan kerja sama lintas pemangku kepentingan. Hal ini yang kita lakukan pada acara IDF 2022,” ujar Amalia Adininggar.

Amalia Adininggar juga menambahkan, tanpa industrialisasi, produktivitas ekonomi tidak bisa tumbuh panjang. Untuk mencapai tujuan industrialisasi tersebut dengan mengubah paradigma yang memiliki peningkatan ekonomi dan keterkaitan antar produk.

“Selain itu kita juga harus didukung oleh penelitian dan inovasi serta berperan aktif terhadap permintaan pasar,” katanya.

Baca Juga :  Miliki Nilai Hubungan Historis, Pendopo Puri Tonggak Awal Perjuangan Partai Politik di Bali

Indonesia Development Forum (IDF) 2022 berhasil menghasilkan tiga inisiasi yang pertama, peluncuran rencana induk pengembangan industri digital Indonesia yang merupakan kerja sama dengan PT Telkom Indonesia. Insiasi kedua yaitu peluncuran peta jalan pengembangan ekosistem industri kedirgantaraan dan yang terakhir penandatanganan nota kesepahaman (MoU) PT Dirgantara Indonesia dengan ITB terkait pusat rancang dan bangun pesawat.

“Bappenas ingin mendorong transformasi ekonomi digital agar Indonesia tak menjadi pasar melainkan produsen dari produk digital, kita juga ingin mendorong industri kedirgantaraan karena secara geografis Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang perlu dijangkau dengan transportasi udara untuk meningkatkan produktivitas ekonomi,” paparnya.(mon/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini