wisuda unud
Universitas Udayana Lepas 1.427 Wisudawan dan 48 Orang Diantaranya Meraih Gelar Doktor. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Universitas Udayana melaksanakan Wisuda ke-150 bertempat di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran, Sabtu (15/10/2022).

Pada wisuda periode ini Rektor Unud melepas 1.427 wisudawan yang terdiri dari 48 Doktor, 277 Magister, 13 Spesialis, 102 Profesi, 968 Sarjana dan 19 orang Diploma. Dari jumlah wisudawan tersebut 410 diantaranya meraih predikat Dengan Pujian atau Cum Laude.

Sementara jumlah alumni Unud hingga saat ini mencapai 112.306 orang. Pada wisuda periode ini tiga besar wisudawan terbanyak berasal dari Fakultas Teknik sebanyak 308 orang, kemudian diikuti oleh Fakultas Kedokteran 200 orang dan Fakultas Hukum 177 orang.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unud Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP dalam laporannya menyampaikan Wisudawan hari ini didominasi oleh kaum Perempuan yang jumlahnya 744 orang sedangkan wisudawan Laki- laki hanya 683 orang.

Baca Juga :  KMPA FK Unud Tingkatkan Kemampuan Anggota dalam Pencegahan dan Penanganan HIV/AIDS

Dari sisi prestasi akademik,  IPK  wisudawan perempuan lebih baik dari pada laki-laki, dimana IPK  wisudawan perempuan 3,74 sedangkan rata-rata IPK laki-laki 3,67. Masa studi rata-rata perempuan 7,6 semester sedangkan laki-laki masa studinya 8,5 semester. Wisudawan penerima beasiswa sebanyak 194 wisudawan dari 25 penyedia beasiswa, dimana untuk beasiswa Bidikmisi atau KIP Kuliah sebanyak 129 orang.

Secara keseluruhan rata-rata IPK cukup bagus, yaitu 3,84 untuk program Doktor; 3,83 untuk program Magister; 3,85 untuk program Spesialis; 3,71untuk program Profesi; 3,70 untuk program Sarjana, dan 3,72 untuk program Diploma.

Pihaknya berharap melalui pendidikan yang telah ditempuh, wisudawan tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan tetapi juga berkehidupan yang cerdas dengan mengedepankan kepribadian yang baik dalam bekerja dan bermasyarakat, selalu memiliki dedikasi, inovasi dan kolaborasi dalam bekerja.

Sementara Rektor Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng.,IPU dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada wisuda kali ini terdapat 6 orang wisudawan pada jenjang sarjana adalah mahasiswa yang berhasil lolos program mahasiswa wirausaha.

Baca Juga :  FKH Unud dan Animal Australia Berkerja Sama Tangani Kesehatan Anjing dan Kucing Terlantar

“Ini adalah prestasi yang membanggakan karena mereka akan menciptakan lapangan pekerjaan sejak awal,” ungkap rektor.

Rektor juga mengapresiasi seluruh wisudawan karena ditengah keterbatasan akibat dampak pandemi mampu menyelesaikan pendidikan dengan baik.

Melalui kesempatan tersebut Rektor juga menginformasikan terkait rencana Universitas Udayana dalam bertransformasi menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH). Hal ini sejalan dengan kebijakan Kemendikbudristek dan melalui PTN BH, perguruan tinggi memiliki otonomi dalam melakukan tata kelola dalam memberdayakan segenap asset yang dimiliki.

“Pemberdayaan aset secara mandiri ini diharapkan dapat memaksimalkan kemampuan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan yang diberikan,” ucapnya.

PTN BH bukanlah bentuk komersialisasi pendidikan atau privatisasi pendidikan, melainkan murni untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. Untuk menunjang hal ini, Unud juga tengah berkonsentrasi membangun beberapa infrastruktur.

Baca Juga :  Dekan FIB Unud Inisiasi Kegiatan Sosialisasi Akreditasi Internasional FIBAA

Di luar urusan infrastruktur, Unud juga senantiasa meningkatkan kualitas akademik melalui beberapa strategi, 3 diantaranya, yaitu meningkatkan kualitas peringkat akreditasi program studi ke arah unggul, mendorong mahasiswa agar dapat lulus tepat waktu, dan meningkatkan keikutsertaan mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Hal ini penting guna penting bagi Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

Rektor berpesan kepada seluruh wisudawan agar bijak dalam menerapkan ilmu yang telah diperoleh dan mengimplementasikan ilmu tersebut untuk kemajuan masyarakat, bangsa dan negara serta turut berpartisipasi mengisi instrumen kuesioner online dalam pelaksanaan tracer study yang memiliki peran penting dalam upaya perbaikan dan pengembangan kualitas pendidikan di Universitas Udayana. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini