Wawali Arya Wibawa
Wawali Arya Wibawa Terima Kunjungan Mendagri Tito Karnavian di TPST Kesiman Kertalangu. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian meninjau perkembangan pembangunan TPST Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, Kamis (6/10/2022). Kunjungan Mendagri ini diterima Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa.

Dalam kunjungan tersebut Mendagri Tito Karnavian mengharapkan setelah beroperasi nanti TPST ini dapat menjadi percontohan dalam pengolahan sampah.

“Dengan pembangunan serta pengolahan sampah yang telah terencana di TPST Kertalangu dapat menjadi percontohan baik daerah maupun Nasional, dan kami mendorong daerah lain dapat meniru pengolahan sampah di Denpasar,” ujar Tito Karnavian.

Disampaikan pula, terlebih menjelang pelaksanaan KTT G20 dengan pembangunan TPST ini dapat menjadi solusi dalam menangani, dan menanggulangi permasalahan sampah di Denpasar. Para delegasi yang hadir tentunya akan melihat bagaimana penanganan hingga pengolahan sampah yang ada di Bali.

Baca Juga :  Bersih Indonesia 2019, GenBI Bersama 14 Mantan Miss Universe Pungut Sampah Plastik

“Saya berharap pembangunan TPST dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana serta dapat mengatasi persoalan sampah dengan baik dari hulu hingga hilir,” ujarnya.

Sementara Wakil Wali Kota Arya Wibawa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mendagri yang telah berkunjung dan memberikan perhatian pembangunan TPST di Kota Denpasar. Arya Wibawa memaparkan bahwa perkembangan pembangunan TPST Kesiman Kertalangu masih dalam proses dan on progres, serta berharap pembangunan TPST ini dapat berjalan sesuai rencana.

Realisasi sesuai jadwal, dengan progres mesin pada minggu pertama Bulan Oktober dilakukan pemasangan tambahan dinding sekat incoming material dan instalasi mesin. Target pada minggu ke empat Bulan Oktober dilakukan trial proses pengolahan sampah.

“Kita harapkan proses pembangunan TPST ini sesuai dengan planning yang telah disusun dan berjalan dengan lancar yang. Nantinya dapat menjadi pengolahan sampah di Denpasar, apalagi menjelang pelaksanaan G20,” ujar Arya Wibawa.

Seperti diketahui saat ini volume sampah di Denpasar tiap hari rata rata mencapai 800-900 ton/hari. Dengan dibangunnya 3 TPST yakni TPST Kesiman Kertalangu, TPST Padangsambian Kaja dan TPST Tahura Suwung dengan kapasitas ketiganya mencapai 1.020 ton/hari diyakini mampu mengatasi persoalan sampah di Denpasar.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini