Denpasar
Wawali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa saat hadiri Bussiness Matching Tahap IV. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wawali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa hadiri undangan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia pada acara Business Matching Tahap IV, dalam rangka Percepatan Realisasi Belanja Produk Dalam Negeri oleh Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, dan BUMN pada Kamis (6/10/2022).

Seperti diketahui, acara yang terselenggara di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) Badung ini, merupakan salah satu bentuk dukungan pemerintah kepada industri nasional melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang dicetuskan oleh Kementrian Perindustrian (KEMENPERIN). Tampak pula para pelaku usaha yang memamerkan berbagai produk pakaian dinas Kepolisian, perlengkapan Kepolisian, hingga Kendaraan Taktis dan Kapal Boat Patroli Kepolisian, yang semuanya hasil dari buatan dalam negeri.

Baca Juga :  Gelar Cipkon, Temukan Lima Pelanggaran

Saat memberikan sambutan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, didampingi oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, melalui kegiatan ini pemerintah daerah memiliki kesempatan untuk bertemu dengan para produsen barang dan jasa dalam negeri, serta kami menghimbau untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan daerah dengan Produk Dalam Negeri (PDN).

Kemudian dilanjutkan dengan diskusi perihal strategi perencanaan belanja produk dalam negeri, workshop untuk kelas instansi perihal pengadaan PDN melalui program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), serta kelas pelaku usaha dan jasa perihal sosialisasi e-katalog, sertifikasi dan cara sosialisasi cara penghitungan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) untuk produk barang dan jasa.

Baca Juga :  RSD Mangusada Gelar Seminar Bariatric dan Metabolic Surgery

Sementara itu, di sela acara Wawali Arya Wibawa menyampaikan, Kain Endek merupakan salah satu produk lokal yang kami punya, dimana banyak produsen kain Endek yang ada di Kota Denpasar, kami aplikasikan untuk seragam para aparatur serta acara-acara adat, serta memberikan ruang dan menfasilitasi acara-acara fashion show dengan bahan kain Endek. Selain itu melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Denpasar, pihaknya membuat program untuk membantu akses permodalan serta memberikan ijin usaha gratis untuk usaha mikro.

“Kami harap nantinya, kita bersama dapat membangun komitmen untuk meningkatkan penggunaan produk-produk dalam negeri melalui berbagai program-program strategis, dimulai dari penggunaan produk yang berasal dari daerah masing-masing, guna meningkatkan kualitas perekonomian serta menekan laju inflasi di daerah,” kata Arya Wibawa.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini