Bencana Alam
Rakor Pemulihan Pembangunan Pasca Bencana, Bupati Sanjaya Dukung Langkah Strategis Pemprov Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Bencana banjir bandang dan tanah longsor yang melanda beberapa wilayah di Provinsi Bali terutama Kabupaten Tabanan, pertengahan Oktober lalu, mengakibatkan kerusakan di beberapa sektor yang harus segera diselesaikan. Sebagai langkah penting dalam mendukung upaya pemulihan pembangunan pasca bencana, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM., menghadiri Rapat Pemulihan/Pembangunan Infrastruktur Pasca Bencana oleh Kabupaten, Provinsi dan Pemerintah Pusat, Senin (24/10/2022).

Rapat yang dilangsungkan di Gedung Gajah Jaya Sabha, Denpasar, saat itu dipimpin langsung oleh Gubernur Bali Wayan Koster. Turut pula dihadiri oleh jajaran Pemerintah Pusat terkait, jajaran Forkopimda Bali dan OPD terkait di lingkungan Pemprov Bali, serta turut menghadirkan Bupati/Walikota atau perwakilan Bupati/Walikota se-Bali bersama jajaran OPD terkait di lingkungan Kabupaten/Kota se-Bali.

Baca Juga :  Tingkatkan PDRB Melalui Buah Lokal, Pemkab Buleleng Segera Wujudkan Kerja Sama dengan Badung

Selaku salah satu Kepala Daerah yang wilayahnya cukup parah terdampak bencana, Bupati Sanjaya sangat mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh Pemprov Bali.

“Kami sangat apresiasi sekali apa yang telah dilakukan Bapak Gubernur dengan mengundang kami dalam Rapat koordinasi dengan para Bupati dan Walikota se-Bali. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa yang terjadi di masing-masing Kabupaten/Kota se-Bali,” ujar Sanjaya usai kegiatan rapat.

Menurut Sanjaya, hal ini sangat penting dilakukan, mengingat dampak dari bencana banjir ini mengakibatkan kerusakan di berbagai sektor dan duka mendalam bagi masyarakat. Khususnya di Kabupaten Tabanan, banyak kerusakan yang terjadi di berbagai sektor terutama infrastruktur.

“Sehingga tujuan Bapak Gubernur, ketika ada dampak ini, apa kesusahannya, apa yang perlu diselesaikan dan bagaimana pendanaannya ini yang terpenting,” imbuh Sanjaya.

Baca Juga :  Joox Indie Workshop Roadshow, Maksimalkan Potensi Musisi Independen 

Disamping itu, Bupati Sanjaya juga sangat mendukung ide dan gagasan dari Gubernur Bali terkait pemulihan pembangunan pasca bencana ini dengan konsep one island one management, yakni satu pulau satu tata kelola yang nantinya diusulkan ke Pusat.

“Ini yang menjadi catatan penting buat kami di Kabupaten, sehingga kami di Kabupaten tidak bingung lagi bagaimana mencari saluran-saluran khusus untuk menangani akibat dampak dari bencana ini,” pungkas Sanjaya.

Selain itu, Sanjaya juga sangat meyakini bahwa langkah ini akan mempercepat pemulihan pembangunan pasca bencana khususnya dalam membangun kembali jembatan dan jalan yang putus serta bangunan warga yang hancur. Mengingat keterbatasan dana yang dimiliki Kabupaten Tabanan, baik dari segi APBD maupun PAD.

Baca Juga :  Wagub Sudikerta Berharap Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta 2017 Jadi Ajang Promosi Wisata

“Maka dari itu tadi atensi Bapak Gubernur, bagaimana Provinsi melalui BPBD, Dinas PUPR dan Dinas terkait, akan membantu Kabupaten yang terdampak. Ini yang menjadi apresiasi buat kita di Kabupaten Tabanan,” sambung Sanjaya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini