Banjir Denpasar
Penanganan Banjir pasca hujan di beberapa titik Kota Denpasar yang dipimpin Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Sabtu (8/10/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Hujan yang melanda Kota Denpasar sejak Jumat (7/10/2022) malam hingga Sabtu (8/10/2022) pagi menyebabkan banjir di beberapa titik. Pemkot Denpasar pun langsung mengambil langkah cepat penanganan. Bahkan, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara turun langsung memastikan penanganan banjir agar segera tertangani. Tampak hadir mendampingi Wali Kota, Sekda I.B Alit Wiradana, Kadis PUPR, A.A Airawata, Kalaksa BPBD, I.B Joni Ariwibawa, Kadis Sosial, I.G.A Laxsmi Saraswati, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Dewa Gede Rai dan Camat Denpasar Barat, I.B Purwanasara.

Selain kawasan Jalan Pura Demak, beberapa lokasi juga terpantau terjadi genangan. Seperti halnya kawasan Jalan Tukad Irawadi, Kawasan Jalan Sedap Malam, Sanur, Kawasan Jalan Imam Bonjol Gang Air Mancur, Banjar Tenten, SD Negeri 21 Dauh Puri, Jalan Kertapura VII, Jalan Siulan, dan Jalan WR. Supratman Gang V Tohpati. Selain itu, terdapat pula peristiwa kebencanaan lainya seperti pohon tumbang yang sudah dalam penanganan.

Baca Juga :  Areal Parkir Pura Batukaru Dipenuhi Kendaraan Pemedek

Wali Kota Denpasar, I.G.N Jaya Negara mengatakan, memasuki penghujung tahun memang identik terjadi hujan dan cuaca ekstrem. Karenanya, masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Akhir-akhir ini intensitas hujan meningkat, masyarakat kami imbau untuk selalu waspada,” ujar Jaya Negara.

Dikatakan Jaya Negara pasca hujan, beberapa titik di Kota Denpasar terpantau banjir. Hal ini dikarenakan adanya saluran air yang tersumbat serta daya tampung saluran air yang melebihi batas.

“Jadi karena kita di hilir, intensitas hujan yang meningkat, terlebih di hulu dan hilir membuat saluran air penuh, kondisi inilah yang membuat terjadinya genangan di beberapa titik, namun sudah kita tangani,” jelasnya.

Baca Juga :  Badung Gelar Workshop Simda Perencanaan Se-Bali

Pihaknya mengatakan, dalam penanganan kali ini berbagai pihak turut terlibat. Mulai dari BPBD Kota Denpasar, DPUPR Kota Denpasar, DLHK Kota Denpasar, Dinas Sosial Kota Denpasar, Basarnas, TNI/Polri dan BWS Bali Penida. Dimana, penanganan dilaksanakan dengan menerjunkan dua unit mesin pompa besar, dan masing-masing pompa kecil yang tersebar di beberapa titik. Juga turut diserahkan bantuan selimut, pakaian, handuk dan makanan bagi masyarakat yang rumahnya terdampak banjir.

“Hingga siang hari kita pantau sudah mulai surut, semoga bisa tuntas hari ini, dan banjir bisa terkendali,” ujarnya sembari mengajak masyarakat untuk bersama-sama tidak membuang sampah ke saluran air.

Baca Juga :  Bangun Pariwisata dan Budaya, Komunitas Lawas Human Siap Bersinergi Dengan Pemkot Denpasar

Sementara Kadis Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati mengatakan, dalam menyikapi banjir di beberapa titik wilayah Kota Denpasar ini pihaknya telah menerjunkan relawan. Hal ini khususnya guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

“Karena rumahnya terkena banjir, otomatis kegiatan terganggu, sehingga kami laksanakan progran Food Recue dengan memberikan bantuan makanan atau nasi bungkus sebanyak 250 bungkus, semoga bermanfaat hingga nanti banjir tertangani dan masyarakat dapat kembali kerumahnya,” jelasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini