ASUS
(Kiri-Kanan). Head of PR Asus Infonesia, Muhammad Firman dan Head of PR Asus Infonesia, Muhammad Firman. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, NUSA DUA – ASUS memperkenalkan jajaran produk dengan teknologi terbaru di acara ASUS Media Gathering di Bali, Kamis (13/10/2022). Berbagai produk seperti laptop dengan teknologi layar ASUS OLED, laptop gaming ROG paling powerful dan inovatif, laptop 5G pertama di Indonesia, hingga jajaran desktop serta all-in-one PC hadir di acara tersebut.

ASUS Media Gathering kali ini juga merupakan ajang untuk memperkenalkan inovasi teknologi terdepan ke masyarakat Indonesia, khususnya di Bali.

Regional Director ASUS Southeast Asia, Jimmy Lin mengatakan, ASUS menghadirkan banyak sekali inovasi teknologi tahun ini dan semuanya ada di dalam jajaran produk terbaru yang diperkenalkan kali ini. ASUS berkomitmen tidak hanya sekadar menghadirkan inovasi di setiap produknya, tetapi juga memberikan manfaat kepada penggunanya.

“Acara ASUS Media Gathering di Bali kali ini merupakan kesempatan kami untuk memperkenalkan inovasi teknologi di produk terbaru sekaligus menjelaskan manfaatnya untuk pengguna di Indonesia, khususnya di wilayah Bali dan sekitarny,” ujar Jimmy Lin.

Jajaran Laptop ASUS Creator Series 2.0 Siap Manjakan Para Kreator

Di acara ASUS Media Gathering Bali, ASUS memperkenalkan serangkaian laptop yang masuk dalam jajaran ASUS Creator Series 2.0. Sesuai dengan namanya, ASUS Creator Series 2.0 merupakan jajaran laptop yang dirancang khusus untuk para konten kreator dan telah dibekali dengan layar ASUS OLED.

ASUS OLED merupakan teknologi layar laptop terbaik saat ini yang mampu menghadirkan warna yang kaya serta akurat, didukung oleh teknologi visual terkini, serta dibekali fitur yang dapat menjaga Kesehatan mata penggunanya. Dengan demikian, ASUS OLED bukan hanya sekadar memberikan kualitas visual terbaik tetapi juga membantu penggunanya untuk lebih produktif, dapat menggunakan laptop lebih lama tanpa membuat mata cepat lelah.

Laptop yang menggunakan layar ASUS OLED dipastikan memiliki color gamut 100% DCI-P3, tersertifikasi PANTONE Validated Display, serta mendukung fitur HDR dengan sertifikasi VESA DisplayHDR 500 True Black. Tidak hanya itu, layar ASUS OLED juga memiliki response time hanya 0,2ms yang jauh lebih kencang dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya, serta dilengkapi fitur EyeCare bersertifikasi TÜV Rheinland. Semua kualifikasi tersebut hadir dengan satu tujuan, yaitu memanjakan mata Anda.

ASUS juga merupakan pemimpin pasar laptop dengan layar OLED dan diakui sebagai produsen laptop OLED nomor satu di Indonesia dan di dunia. ASUS juga merupakan satu-satunya brand laptop yang menghadirkan varian laptop dengan layar OLED terbanyak di Indonesia, serta satu-satunya brand laptop di Indonesia yang memiliki varian laptop berlayar OLED dengan harga terjangkau, yaitu dengan banderol harga mulai dari Rp8 juta-an.

Beberapa seri laptop yang masuk ke dalam ASUS Creator Series 2.0 adalah laptop layar ganda paling ringkas yaitu Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402) dan laptop kreator profesional Zenbook Pro 16X OLED (UX7602). Keduanya merupakan laptop premium yang dirancang agar para konten kreator dapat berkarya secara lebih produktif dan didukung oleh ASUS Revolutionary Screen Design serta ASUS Touch dengan ScreenXpert 2.0.

Baca Juga :  ASUS ROG Community Gathering Hadir di Bali, ROGers Wajib Ikuti!

Selain lini laptop premium, ASUS Creator Series 2.0 juga dibekali dengan seri laptop untuk kreator pemula seperti Vivobook Pro 14X OLED (N7401) dan 16X OLED (N7601) yang telah dibekali dengan GPU NVIDIA GeForce RTX. ASUS bahkan menghadirkan Vivobook 14X OLED (A1403) yang merupakan salah satu laptop ASUS OLED dengan banderol harga yang terjangkau dan dibekali prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series.

ASUS merupakan satu-satunya produsen laptop di Indonesia yang memiliki jajaran laptop kreator paling lengkap. Apapun kebutuhan kreasi Anda, ASUS punya solusinya!

Laptop ‘Space-Grade’ Pertama di Indonesia

Pada tahun 1997 laptop pertama ASUS P6300 lahir, dan satu tahun setelahnya di tahun 1998 terpilih sebagai perangkat pendukung untuk misi di stasiun luar angkasa MIR. Dalam misi tersebut, laptop ASUS mampu bertahan di lingkungan gravitasi mikro yang penuh dengan radiasi kosmik selama 600 hari tanpa masalah. Laptop P6300 dapat dikatakan sebagai tonggak sejarah bagi ASUS yang hingga saat ini terus mengedepankan inovasi serta kualitas di setiap produknya.

Untuk memperingati 25 tahun pencapaian tersebut ASUS menghadirkan Zenbook SPACE EDITION, yaitu sebuah laptop edisi khusus dengan tema luar angkasa yang futuristik. Meski hadir dengan desain dan teknologi paling modern yang ada saat ini, Zenbook SPACE EDITION tetap mempertahankan tradisi pendahulunya yaitu hadir dengan inovasi teknologi serta rancang bangun yang berkualitas tinggi. Hal tersebut dibuktikan lewat diraihnya sertifikasi lolos uji ketahanan ‘space-grade’ berstandar US Space System Command (SMC-S-016A).

Selain dibekali layar terbaik berkat teknologi ASUS OLED, ASUS Revolutionary Screen Design, serta ASUS Touch dengan ScreenXpert 2.0, Zenbook SPACE EDITION juga tampil dengan desain unik yang futuristik serta memiliki fitur eksklusif bernama ZenVision. Bodi laptop ini dibuat menggunakan bahan aluminium yang dibalut oleh warna eksklusif Zero-G Titanium seperti halnya yang digunakan pada desain stasiun luar angkasa serta dilengkapi ukiran kode morse yang memiliki arti khusus. Di balik layarnya terdapat layar OLED monochrome bernama ZenVision. Memiliki ukuran 3.5-inci, ZenVision berfungsi layaknya jendela pada stasiun luar angkasa yang dapat menampilkan animasi eksklusif, status, atau informasi penggunanya.

Produsen Laptop Gaming Paling Inovatif di Dunia

Tidak hanya memiliki posisi yang sangat kuat di pasar laptop consumer, ASUS juga dikenal sebagai produsen laptop gaming terdepan di dunia. Melalui lini laptop gaming ROG (Republic of Gamers) dan TUF, ASUS beberapa kali menggebrak pasar laptop gaming dengan menghadirkan produk yang sangat inovatif dan belum pernah ada sebelumnya mulai dari tablet gaming paling powerful di dunia yaitu ROG Flow Z13, laptop gaming paling powerful di dunia saat ini yaitu ROG Strix SCAR 17 SE (G733C), hingga laptop gaming ringkas yang paling terjangkau yaitu TUF Dash F15 (FX517). Ketiganya merupakan laptop yang ditenagai prosesor mobile paling powerful yaitu 12th Gen Intel® Core™ H-Series dan HX-Series.

Baca Juga :  ASUS ROG Community Gathering ‘Pecah’ di Bali, Berhadiah Jutaan Rupiah
ASUS
Produk ASUS. Sumber Foto : tis/bpn

ASUS juga merupakan satu-satunya produsen laptop gaming yang menghadirkan MUX Switch di semua lini laptop gaming, mulai dari yang paling terjangkau hingga yang paling premium. MUX Switch memungkinkan pengguna laptop gaming ROG dan TUF untuk dapat memaksimalkan kinerja laptopnya dengan mengalihkan jalur data dari discrete GPU secara langsung ke layar tanpa harus melalui integrated GPU terlebih dulu. Kehadiran MUX Switch memberikan peningkatan framerate saat bermain game hingga 15%. Bahkan di beberapa game peningkatan framerate-nya bisa mencapai 30%.

Tidak berhenti sampai di situ, ASUS bahkan tampil sebagai produsen laptop gaming pertama yang menghadirkan standar layar khusus untuk laptop gaming-nya. Bernama ROG Nebula Display dan ROG Nebula Display HDR, keduanya tampil sebagai layar laptop gaming terbaik yang tidak hanya dapat memberikan kualitas visual yang kaya serta warna yang akurat, tetapi juga memiliki refresh rate tinggi, response time sangat cepat, serta didukung fitur variable refresh rate sehingga cocok untuk para gamers. Meski demikian, ROG Nebula Display dan ROG Nebula Display HDR juga dapat dimanfaatkan oleh para konten kreator berkat dukungan color gamut DCI-P3 100% serta warna yang akurat dengan sertifikasi PANTONE Validated Display.

Performa merupakan prioritas di laptop gaming. Untuk itulah ASUS membekali semua lini laptop gaming ROG dan TUF dengan hardware generasi terbaru, mulai dari CPU 12th Gen Intel® Core™ GPU NVIDIA GeForce RTX 30 Series. Semua laptop gaming ROG dan TUF juga didukung oleh memori DDR5 terbaru yang lebih kencang dibandingkan memori DDR4, membuat keseluruhan performanya menjadi lebih kencang.

Produsen Laptop 5G Pertama di Indonesia

Selain lini laptop consumer dan gaming, ASUS juga memiliki jajaran laptop komersial di bawah nama ASUS Business. Jajaran laptop bernama ASUS ExpertBook tersebut dirancang khusus untuk kebutuhan para pelaku bisnis mulai dari UMKM hingga perusahaan skala besar atau enterprise. Berbeda dengan laptop pada umumnya, seri ASUS ExpertBook dirancang agar pelaku bisnis dapat lebih mudah dalam beraktivitas. Untuk itulah fokus utama seri ASUS ExpertBook adalah durabilitas, keamanan, dan kemudahan, disamping tentu hadir dengan hardware terbaru yang membuat jajaran laptop ASUS ExpertBook tetap memiliki performa yang mumpuni untuk aktivitas bisnis.

Baca Juga :  ASUS Luncurkan Edisi Khusus ROG Zephyrus G14, Bekerja Sama dengan Alan Walker

Salah satu inovasi ASUS untuk dunia bisnis adalah menghadirkan laptop 5G pertama di Indonesia, yaitu ExpertBook B7 (B7402). Mirip seperti smartphone, ExpertBook B7 memiliki slot kartu SIM dan dilengkapi modem yang memungkinkan laptop ini untuk terhubung langsung ke jaringan seluler 5G dan 4G LTE. Kemampuan tersebut membuat ExpertBook B7 tampil sebagai laptop bisnis yang paling portabel dan memungkinkan para pebisnis untuk dapat beraktivitas dengan mudah.

Tidak hanya soal konektivitas, lini laptop ASUS ExpertBook juga tampil dengan tingkat durabilitas yang tinggi. Seluruh jajaran laptop ASUS ExpertBook telah diuji secara ekstrem dan mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Lini ASUS ExpertBook juga dirancang agar tahan banting dan dilengkapi berbagai fitur pelindung mulai dari tumpahan air hingga gelombang elektromagnetik.

Lini laptop ASUS ExpertBook juga memberikan kenyamanan kepada para penggunanya. Dilindungi dengan layanan purna jual terbaik mulai dari garansi selama tiga tahun yang dapat diperpanjang, layanan perbaikan di tempat (on-site service), hingga layanan perlindungan data lewat program HDD Retention, membuat ASUS ExpertBook tampil sebagai solusi laptop terbaik bagi semua pelaku bisnis di Indonesia.

PC Desktop dan All-In-One PC Inovatif

Laptop bukanlah satu-satunya perangkat yang diperkenalkan oleh ASUS. Dalam acara ASUS Media Gathering di Bali, ASUS juga memperkenalkan jajaran PC desktop dan all-in-one PC yang dilengkapi dengan inovasi teknologi terkini. Salah satu PC desktop yang diperkenalkan adalah ROG G35 yang dibekali dengan case dengan teknologi dual-chamber. Teknologi tersebut membuat panas dari komponen penting seperti CPU, GPU, serta power supply dapat dipisahkan untuk pendinginan maksimal.

Selain itu, ASUS juga memperkenalkan ExpertCenter E5 (E5202) all-in-one PC dengan desain dua layar yang sangat inovatif. Dibekali ASUS VeriView, yaitu layar kedua yang ditempatkan di balik layar utamanya, membuat ExpertCenter E5 dapat digunakan di berbagai scenario penggunaan. ExpertCenter E5 juga dibekali dengan VESA ounting yang memungkinkannya untuk dapat dipasang di berbagai lokasi dengan mudah.

Sementara itu, Head of PR Asus Indonesia, Muhammad Firman menambahkan, untuk laptop gaming, saat ini seri TUF Gaming dengan prosesor intel masih menguasai 50% pasar laptop gaming  ketimbang ROG sendiri. Sedangkan untuk di lini consumer, seri Vivobook masih menjadi primadona.

“Konsumen cendrung membeli yang prosesor Intel i5 dan i7 yang masih bisa digunakan sampai 4-6 tahun ke depan,” ucap Firman. (*/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini