fisip unud
Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Kerta. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Himpunan Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik kembali menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang bertempat di Desa Kerta, Kecamatan Payangan pada Senin (3/10/2022) dengan tema ‘Ciptakan Karya melalui Pemanfaatan Sampah’.

Kegiatan Ruang Peduli Lingkungan Sekitar (Ruang Peka) kedua ini tetap berkolaborasi dengan Dosen Administrasi Publik yang dikoordinatori oleh I Putu Dharmanu Yudartha, S.Sos, M.PA.

Rangkaian kegiatan Ruang Peka ke- 2 diawali dengan sambutan Koordinator Program Studi Administrasi Publik I Putu Dharmanu Yudartha, S.Sos., M.PA., dan Sambutan Kepala Desa Kerta Made Gunawan, SP., SH., M.Par.

“Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilakukan atas saran dan kebutuhan dari masyarakat Desa Kerta yang diharapkan dapat mampu memberi manfaat pada masyarakat dan pemerintahan Desa Kerta,” papar Dharmanu Yudartha.

Baca Juga :  Mengusung Tema “Adhi Abdining Segara” Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Unud Gelar Bincang Budaya

kemudian dilanjutkan acara inti yaitu Sosialisasi mengenai Pengelolaan Sampah Plastik, Pemaparan Program Bank Sampah Griya Luhu, dan Praktik Pengelolaan Sampah dengan menghadirkan pembicara dari Komunitas Griya Luhu yaitu kak Alvina Febrilia Arantika, S.Kom.

Dalam sosialisasinya, Alvina selaku pembicara memaparkan urgensi penanganan sampah yang ramah lingkungan diantaranya dengan menekankan pencegahan melalui 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle), memupuk kembali kesadaran akan tanggung jawab terhadap sampah individu dari masyarakat, pengkategorian sampah, residu, bank sampah, dan segenap materi yang sangat bermanfaat

Baca Juga :  Hasil PMDSU Sangat Mengembirakan, Tim Kemendikbud Ristek Sangat Puas

Selain diselenggarakannya sosialisasi oleh pembicara yang sangat luar biasa, pada Pengabdian Masyarakat Ruang Peka ke-2 kali ini juga melaksanakan praktik pengelolaan sampah secara langsung yang diharapkan dapat terselenggara secara berkelanjutan di Desa Kerta. Nantinya program ini akan dilanjutkan oleh Mahasiswa/i program KKN-T Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Suksesnya pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh mahasiswa serta dosen program studi administrasi publik ini tidak terlepas atas bantuan dan kerja sama dari berbagai pihak.

Tentunya penyelenggara berterima kasih kepada Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kerta, Mahasiswa KKN-T (Beta Nuke Devine dan Bayu Mahardika) serta Griya Luhu sebagai pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pengabdian kali ini. Pada penghujung acara, kegiatan Pengabdian Masyarakat RUANG PEKA ke-2 tahun 2022 ditutup dengan sesi foto bersama serta penyerahan plakat kenang kenangan kepada Komunitas Griya Luhu dan Penyerahan Tempat Sampah secara simbolis kepada Desa Kertha. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini