Jembrana
Bupati Jembrana Lepas 200 Peserta Tes Kebugaran SIPGAR. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba melepas peserta tes kebugaran melalui Sistem Informasi Pengukuran Kebugaran (SIPGAR) di Lapangan Umum Kecamatan Negara, Minggu (16/10/2022).

SIPGAR sendiri merupakan aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan untuk melakukan pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan metode rockport atau jalan/jogging sejauh 1,6 Kilometer.

Tercatat sebanyak 200 orang turut serta dalam tes tersebut, usai melaksanakan tes pengukuran kebugaran para peserta juga mengikuti yoga yang dibimbing langsung Perkumpulan Praktisi Yoga Nasional Indonesia (PPYNI).

Ketua Umum PPYNI Nasional, Slamet Riyanto mengatakan dilaksanakannya tes kebugaran di Kabupaten Jembrana bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran masyarakat dan nantinya masyarakat sadar akan pentingnya berolahraga.

Baca Juga :  Jembrana Kota Wisata Otomotif, Anjungan Cerdas Rambut Siwi Akan Miliki Sirkuit Road Race

“Tes kebugaran ini untuk mengukur seberapa jauh tingkat kebugaran masyarakat di Indonesia. Jadi bersyukur Kabupaten Jembrana menjadi salahsatu contoh sehingga nanti ke depannya seperti yang dicanangkan Kemenkes bahwa olahraga itu mendatangkan manfaat yang baik untuk kesehatan dan kebugaran,” ucapnya.

Lanjutnya, pihaknya mengingatkan bahwa dalam melakukan olahraga harus dilaksanakan secara benar untuk meminimalisir terjadi cedera serta dilaksanakan secara terukur dan teratur agar kondisi tubuh tetap sehat dan bugar.

“Berolahraga itu harus benar agar tidak timbul cedera, jadi harus ada pemanasan, latihan inti dan tentunya pendinginan. Yang ketiga adalah terukur, oleh karena ini pemerintah melalui Kemenkes mempunyai aplikasi yang namanya SIPGAR yang untuk mengukur seberapa jauh kemampuan, kondisi dan kapasitas paru-paru dan oksigen kita. Dan yang terakhir olahraga itu harus teratur, paling tidak 2-3 kali seminggu. Dilakukan selama 20-30 menit secara teratur,” tutur Slamet.

Bupati Tamba pun merasa bahagia karena kegiatan tersebut dapat dilaksanakan di kabupaten Jembrana dan berharap seluruh masyarakat sehat sehingga harapan masyarakat Jembrana yang bahagia dapat terwujud.

“Saya menyambut baik acara ini apalagi Jembrana dipilih sebagai salah satu excercise tes kebugaran masyarakat, saya harapkan hasilnya memuaskan dan saya yakin masyarakat disini selalu sehat. Mari kita sehat dan bugar selalu, tidak ada kata lain sehat dan bugar itu adalah hal yang luar biasa,” pungkasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News