PW-AWBP
PW-AWBP Provinsi Bali/Pusat bersih bersih dan tanam pohon langka di areal bekas Kerajaan Kerthalangu, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Serangkaian menyambut Hari Ulang Tahun ke-14 Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih (PW-AWBP) pada 6 November mendatang, dilaksanakan kegiatan sosial bakti lingkungan dan penanaman pohon pada Minggu (23/10/2022) bertempat di areal sebelah barat SMP Negeri 14 Denpasar yang dulunya merupakan areal Kerajaan Kertalangu.

Nampak hadir dalam acara tersebut Ketua Umum PW-AWBP Bali/Pusat, yang juga Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, Ketua Harian, Nyoman Swastika, Sekretaris Umum, Wayan Sudiarta, Sekretaris I, I.G.N Murthana beserta seluruh Pengurus, Sabha Maha Widya, Sabha Walaka, Pengurus PW-AWBP kabupaten/kota se-Bali, ibu-ibu AWBP, termasuk pengurus Yowana AWBP Provinsi Bali.

“Pemilihan tempat di lahan seluas 16 are ini dimaksudkan untuk melakukan napak tilas situs Kerajaan Kerthalangu. Napak tilas yang dimaksud yaitu untuk mengenang situs kerajaan (AWBP) di masa lalu,” ungkap Jaya Negara yang juga menjabat Wali Kota Denpasar ini

Dalam kesempatan tersebut, I.G.N Jaya Negara juga membagikan puluhan paket sembako kepada tenaga kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap sesama di masa pandemi saat ini.

“Kegiatan hari ini merupakan rangkaian menyambut HUT ke-14 Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih. Puncaknya nanti 6 November,” kata Jaya Negara.

Menurut Jaya Negara, pesan khusus yang ingin disampaikan melalui kegiatan ini kebersamaan dan spirit gotong-royong diantara Pasemetonan Arya Wang Bang Pinatih tetap terjalin kuat dan bersatu kedepannya.

“Di sini ada tonggak sejarah Kerajaan Kertalangu yang ingin kita hidupkan lagi. Mengingat lahan ini merupakan milik Pemprov maka kami berharap Pak Gubernur mau membangun di sini, yang nantinya juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata budaya. Kami siap untuk merawatnya,” tandas Jaya Negara yang juga Panglingsir Puri Penatih ini.

Di sela-sela kegiatan Sekretaris Umum, Wayan Sudiarta merasa bersyukur karena hari ini bisa berkumpul dan bergotong-royong sebagai bentuk kebersamaan, yang diwakili oleh pengurus dan panglingsir, termasuk ibu-ibu setempat.

“Kami bersyukur dan berterima kasih atas kehadiran para semeton Pinatih di acara gotong-royong ini yang bertujuan meningkatkan rasa kebersamaan, persatuan, dan motivasi semua elemen. Sebagaimana dikatakan Pak Ketua, kami berharap pak Gubernur mau membangun di sini sehingga seluruh kegiatan warga Bang Pinatih nantinya terpusat di sini,” imbuhnya.

Di kawasan eks Kerajaan Kertalangu yang di sebelahnya kini juga berdiri SMP Negeri 14 Denpasar, SMA Negeri 9 Denpasar dan SMK ini rencananya akan dibangun wantilan untuk kegiatan paiketan, aktivitas sosial, seni dan budaya dari keluarga besar Arya Wang Bang Pinatih se-Bali/Indonesia.

“Yang kedua, kami juga melakukan penanaman pohon langka tadi secara simbolis dan sebanyak 50 buah seperti Majegau dan Nagasari. Selanjutnya kita serahkan kepada Jro Bandesa Adat Kesiman untuk ditanam di lingkungan sendiri yang akan bermanfaat untuk generasi kita di masa depan,” papar Sudiarta.

Disinggung awak media terkait peran dan posisi paiketan menjelang perhelatan Pilkada 2024 ini, Sudiarta menjawab diplomatis dan menyatakan pihaknya tak ada sangkut pautnya dengan ranah politik.

“Tiyang (saya, red) kira seperti komen dulu yang disampaikan oleh Sabha Walaka, kami di paiketan tidak masuk pada ranah itu. Jadi walaupun warga Arya Wang Bang Pinatih terdiri dari berbagai warna itu adalah pada posisi satu hal, tetapi dalam Pemilu 2024 kami tak berada pada ranah itu,” pungkas Sudiarta.

Rangkaian acara HUT ke-14 Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih Bali/Pusat sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan Penyegaran Kepemangkuan Sasana Sangkul Putih yang diakhiri dengan pembagian paket sembako kepada sebanyak 115 Jro Mangku di Hotel Golden Tulip, Jl. Gatsu Barat, Denpasar, Jumat (14/10/2022) lalu.

Dalam waktu dekat ini juga akan digelar persembahyangan bersama di Pura Dalem Mutering Jagat Kesiman Kertalangu pada Rabu, 26 Oktober 2022. Untuk aksi sosial kemanusiaan digelar donor darah sekaligus merayakan puncak acara HUT ke-14 PW-AWBP Bali/Pusat di Gedung Dharma Negara Alaya, Lumintang Denpasar, pada Minggu, 6 November 2022 mendatang.

Sedangkan Mahasabha IV Tahun 2021 Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali/Pusat telah rampung digelar di Hotel Golden Tulip, Denpasar Barat pada Minggu 31 Oktober 2021 lalu yang kembali memandatkan I.G.N Jaya Negara sebagai Ketua Umum PW-AWBP Bali/Pusat masa bhakti 2021-2026.(aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini