BADUNG
Sekda Badung, Wayan Adi Arnawa didampingi oleh Kepala DPMPTSP, Made Agus Aryawan menerima penghargaan Kategori Pemerintah Kabupaten saat Anugerah Layanan Investasi Tahun 2022 di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (12/10/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin memberikan penghargaan tertinggi berupa Anugerah Layanan Investasi (ALI) Tahun 2022 kepada Pemerintah Kabupaten Badung atas Penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) dengan kinerja sangat baik. Penghargaan Terbaik III Kategori Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa mewakili Bupati Badung dan didampingi oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Badung, I Made Agus Aryawan bertempat di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (12/10/2022).

Acara ini turut dihadiri Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Menteri ESDM, Arifin Tasrif, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, Perwakilan Kementerian, para Kepala Daerah, serta pemangku Kebijakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB).

Anugerah Layanan Investasi (ALI) merupakan pemberian penghargaan kepada Pemerintah Daerah dan Kementerian Negara/Lembaga yang memperoleh hasil penilaian terbaik atas kinerja layanan investasi yang ditetapkan dan masuk dalam nominasi 3 (tiga) PTSP terbaik di Indonesia melalui Keputusan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal BKPM. Acara Kementerian Investasi/BKPM ini juga merupakan puncak dari kegiatan penilaian kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Pemerintah Daerah serta kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2022. Adapun Kategori yang dilaksanakan dalam Anugerah Layanan Investasi ini meliputi Kategori Penghargaan Khusus Kawasan Timur Indonesia, Kategori Pemerintah Provinsi, Kategori Pemerintah Kota, Kategori Pemerintah Kabupaten dan Kategori Kementerian/Lembaga.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia mengungkapkan, pemberian penghargaan ALI 2022 ini merupakan amanat dari Perpres Nomor 42 Tahun 2020 tentang Pemberian Penghargaan dan/atau Pengenaan Sanksi Kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Baca Juga :  Puncak Perayaan Dies Natalis ke-60, Presiden Joko Widodo akan Hadir ke Unpad

“Jadi Perpres ini mengamanatkan untuk menilai kinerja Kementerian Lembaga dan Kepala Daerah khususnya terkait percepatan pelayanan investasi,” kata Bahlil.

Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin dalam pidatonya menyampaikan, sampai saat ini Indonesia dinilai sebagai salah satu negara yang mampu mengendalikan pandemi Covid-19. Investasi disebut sebagai tulang punggung perekonomian bukan sekedar bisa menciptakan lapangan kerja dan memproduksi barang jasa, namun investasi juga menjadi urusan vital saat keberadaannya dapat menopang keberlanjutan pembangunan, menciptakan nilai tambah, mendorong keadilan ekonomi dan bahkan membantu mewujudkan demokrasi ekonomi.

“Dalam forum ini hadir pimpinan Kementerian dan Lembaga, Kepala Daerah serta pemangku Kebijakan di Kawasan Ekonomi Khusus dan Kawasan Perdagangan Bebas dan Kawasan Pelabuhan Bebas (KPBPB). Saya mendorong bapak/ibu untuk fokus kepada beberapa strategi dan kebijakan investasi yang menopang tujuan pemulihan ekomoni nasional. Saya menyampaikan selamat kepada para pemenang penghargaan ALI 2022 dan saya meyakini apa yang telah dilakukan akan menjadi inspirasi dan acuan bagi Kementerian dan Lembaga dan Pemerintah Daerah lainnya untuk cepat berbenah memberikan layanan investasi yang terbaik, dan saya juga berharap melalui acara ALI ini seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan tukar-menukar solusi atas permasalahan pelayanan dan juga kemudahan investasi,” pungkas Ma’ruf Amin.

Seusai acara, Sekda Wayan Adi Arnawa didampingi Kadis PMPTSP, Made Agus Aryawan mengatakan, mewakili Bupati Badung hadir di acara Anugerah Layanan Investasi untuk menerima penghargaan Terbaik III Kategori Pemerintah Kabupaten untuk Dinas PMPTSP atas kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu sekaligus juga Kinerja Percepatan Pelayanan Berusaha di Kabupaten Badung tahun 2022.

“Tentu berharap dengan penghargaan ini kita kedepan khususnya DPMPTSP Badung untuk tetap termotivasi untuk lebih meningkatkan pelayanannya dalam rangka kita mendorong investasi di Kabupaten Badung, sehingga harapkan kita semakin investasi meningkat tentu akan meningkatkan kesejahteraan buat masyarakat Badung. Terakhir saya berharap kepada seluruh jajaran, baik itu OPD terkait agar tetap melakukan sinergitas dengan DPMPTSP dalam rangka memberikan pelayanan sekaligus melakukan investasi di kabupaten Badung,” harapnya.

Baca Juga :  Sukses Raih Juara Umum, Kontingen Porjar Badung Diguyur Bonus Rp 5,3 M

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Badung, I Made Agus Aryawan mengucapkan terima kasih atas penghargaan ALI tahun 2022 yang diberikan oleh Bapak Wakil Presiden atas penilaian kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) yang diselenggarakan Kementerian Investasi/BKPM.

“ALI ini merupakan suatu bentuk apresiasi yang bisa memberikan motivasi dan mendorong kami untuk terus berupaya meningkatkan investasi serta memberikan pelayanan terbaik kepada pelaku usaha atau investor. Kebetulan Kabupaten Badung sebagai destinasi pariwisata juga sangat menarik untuk tujuan investasi. Tahun 2021 investasi yang masuk ke Badung mencapai Rp14 triliun dan tahun 2022 ini sudah mencapai Rp7,3 triliun. Mudah-mudahan sampai akhir Desember nanti bisa mencapai Rp10 triliun ke atas. Meskipun target kami dari Provinsi menetapkan Rp5,2 triliun tapi kami tetap optimis dan berusaha meningkatkan investasi di atas target yang ditetapkan. Diyakini investasi yang masuk ke Kabupaten Badung akan berdampak positif terhadap perekonomian daerah dan juga membuka lapangan kerja serta kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini