Kelompok Wanita Tani
Tingkatkan Ketahanan Pangan, PLN Salurkan Bantuan Kepada Kelompok Wanita Tani di Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN Peduli mendukung program peningkatan ketahanan pangan dengan memberdayakan ibu-ibu rumah tangga melalui bantuan sarana pengembangan hidroponik dan pengolahan pupuk organik.

Penyerahan bantuan oleh Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bali Selatan, Bobby C. Surya diterima langsung oleh masing–masing perwakilan kelompok, di Ubung Kaja serta di Sanur Kauh, Denpasar, Jumat (9/9/2022).

Kelompok Wanita Tani Dasa Wisma Agro Pertiwi Ubung Kaja dan Kelompok Wanita Tani Oyes Sanur Kauh yang masing-masing beranggotakan 40 orang ibu-ibu PKK ini, mampu mengolah lahan kosong di sekitar perumahan menjadi lahan produktif tanaman kebun sayur.

Kelompok Wanita Tani Dasa Wisma Agro Pertiwi memanfaatkan bantuan untuk instalasi hidroponik, pembuatan rumah kompos, jalan telajakan di sekeliling kebun, pompa sumur bor, dan peralatan-peralatan pertanian. Sedangkan Kelompok Wanita Tani Oyes memanfaatkannya dengan melakukan pengadaan mesin pencacah sampah organik dan pompa sumur bor.

Baca Juga :  Yongki Perdana Luncurkan Dua Varian Parfume dengan Harga Terjangkau

Setelah mendapatkan bantuan dari PLN, hasil panen kebun sayur mengalami peningkatan yang signifikan yakni masing-masing kelompok mampu menghasilkan rata-rata 200 kg/bulan, di mana sebelumnya hanya mencapai hasil 50-100 kg/bulan.

Dalam sambutannya, Bobby C. Surya menyampaikan bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility perusahaan kepada masyarakat khususnya dalam meningkatkan ketahanan pangan.

“Kami sangat mengapresiasi kelompok wanita tani karena telah berhasil mengelola secara sistematis daerah hijau yang saat ini sangat jarang ada di perkotaan. Semoga melalui bantuan ini dapat memberikan nilai tambah dan menjadi cikal bakal bagi banyak orang dalam pengembangan ketahanan pangan di lingkungan masing-masing,” ungkap Bobby.

Wayan Arnaya selaku Kepala Dusun Permata Anyar Ubung Kaja, Kecamatan Denpasar Utara menyampaikan banyak ucapan terima kasih atas bantuan PLN.

“Akhirnya mimpi kami dapat tercapai melalui bantuan PLN kali ini, kami dapat mengelola lahan kami dengan menggunakan air bersih dari sumur bor bantuan PLN yang sebelumnya kami mengelola kebun sayur memanfaatkan air dari saluran pembuangan rumah tangga warga sekitar dan tadahan air hujan. Sehingga hasil panen dari kebun sayur dapat lebih meningkat dan memberikan manfaat bagi kami,” ujarnya.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Hadiri Karya Melaspas Kori Agung dan Candi Bentar Pura Puseh Desa Adat Pedungan

Ni Wayan Sudani, Ketua Kelompok Wanita Tani Oyes mengucapkan terima kasih kepada PLN atas bantuan yang diberikan.

“Kami berharap bantuan ini dapat menjadi motivasi bagi ibu-ibu PKK di lingkungan kami untuk membantu menjaga dan meningkatkan program ketahanan pangan di Desa Sanur Kauh,” jelasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News