rektor unud
Rektor Unud Ingatkan Mahasiswa PMM Tingkatkan Soliditas. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Rektor Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng. IPU., menyambut baik kehadiran mahasiswa inbound yang mengikuti pertukaran mahasiwa dalam negeri. Menurut Guru Besar Fakultas Teknik Unud itu sebanyak 93 mahasiswa dari 44 universitas di Indonesia nantinya akan ditunjuk sebagai duta Unud.

Duta Unud, kata Prof. Antara, peserta pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) di Unud nantinya diharapkan menceritakan hal-hal positif terkait Unud dan Bali pada umumnya.

“Peserta PMM harus menambahkan solidaritas, jangan mudah dipecah belah,” tegas Prof. Antara saat memberikan sambutan pada acara penerimaan peserta PPM tahun 2022 di Gedung Pasca Sarjana Unud, Jln. PB Sudirman, Denpasar, Senin (5/9/2022).

Tujuan utama program PMM, jelas Prof. Antara, bukan semata-mata peningkatan kemampuan interlektual melalui perkuliahan di kelas tetapi peningkatan wawasan kebangsaan, dan memupuk rasa saling menghargai perbedaan.

Baca Juga :  Pj Gubernur Bali Kukuhkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bali

Perbedaan, tegasnya, tidak seharusnya dipertentangkan namun harus diterima apa adanya sebagai warga bangsa yang memiliki perasaan senasib dan sepenanggungan untuk memajukan Bangsa Indonesia. Kendati tahun 2022 ini hanya menerima peserta PMM, sebanyak 93 orang namun Unud akan terus berupaya meningkatkan layanan kepada mahasiswa. Diharapkan Unud segera berstatus sebagai PTNBH sehingga bisa menerima mahasiswa luar lebih banyak lagi pada tahun-tahun berikutnya.

Ketua MBKM Unud Dr. Ir. I Ketut Sardiana, M.Si., menjelaskan Unud termasuk PT favorite pada program PMM. Terbukti mahasiswa yang melamar ikut PMM di Unud mencapai 1.067 mahasiswa namun yang lolos seleksi hanya 93 orang. Kendala utama penerimaan peserta PMM di Unud adalah penyediaan pemondokan, karena rumah susun mahasiswa (Rusunawa) Unud kapasitasnya masih sangat terbatas.

Baca Juga :  BKR Melati Desa Tegal Harum Masuk 3 Besar Apresiasi BKR Percontohan Provinsi Bali

“Kehadiran mahasiswa dari berbagai daerah itu memberi warna tersendiri bagi Unud, sebagai PTN yang berkontribusi pada peningkatan rasa cinta tanah air dan mempertebal wawasan kebhinekaan generasi muda. Dia meyakini mahasiswa yang mengikuti program PMM pada masanya akan tampil sebagai pemimpin yang tangguh,”ucapnya.

Dr. Ketut Sardiana mengakui penyelenggaraan PMM akan menemui berbagai kendala karena menyelaraskan perbedaan budaya, sosial, maupun nilai-nilai keagamaan membutuhkan seni dan pendekatan khusus.

“Jika ada masalah yang muncul akibat tidak sinkronnya informasi, mohon selesaikan secara kekeluargaan di Unud dulu melalui mentor dan dosen modul, jangan cepet-cepet melaporkan ke institusi lebih tinggi yang dapat menimbulkan kegaduhan,” ujarnya memohon pengertian mahasiswa inbound PMM Unud 2022.

Baca Juga :  Disdikpora Badung Tingkatkan Pemahaman Pengelolaan Dana BOS untuk SMP

Kegiatan yang dikemas secara formal dan bersahabat itu, dilaksanakan secara hybride yakni mahasiswa dan undangan internal Unud hadir di Kampus Unud, sementara undangan dari Kemdikbud, serta perwakilan PT pengirim mahasiswa mengikuti secara daring melalui aplikasi webex. Acara berlangsung lancar dan tertib, usai kegiatan sempat beramahtawah dengan menyalami mahasiswa saat meninggalkan tempat kegiatan. Mahasiswa peserta PMM juga berkesempatan melakukan foto bersama sebagai kenang-kenangan di kemudian hari. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News