KErajinan
Putri Koster Harap Kerajinan Nusantara Dapat Menjangkau Pasar Dunia. Sumber Foto : Istiemwa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster mengaku banyak belajar dari penyelenggaraan Kriya Nusa tahun 2022 yang dapat membantu peningkatan kualitas IKM/UMKM lokal Bali. Ia juga berharap kerajinan nusantara dapat menjangkau pasar dunia.

“Banyak hal yang dapat kami pelajari disini utamanya bagaimana kita meningkatkan kualitas produk kerajinan yang ada di Bali. Melihat dari kualitas-kualitas produk dan begitu beragamnya karya-karya kerajinan nusantara kita bisa melihat dan belajar dari provinsi-provinsi yang lain bagaimana mereka menginovasikan produk-produk warisan leluhur tetapi tetap juga melestarikan kualitasnya sehingga tetap bertahan sepanjang zaman,” kata seniman multitalenta yang dikenal punya kepedulian tinggi terhadap dunia seni dan kerajinan Bali di sela Penutupan Kriya Nusa Tahun 2023 di Jakarta, Senin (25/9/2022).

Baca Juga :  Sanur Village Festival 2019, Merujuk Kearifan Alam & Ramah Lingkungan

Ny. Putri Koster mengaku senang sebagai ketua Dekranasda Provinsi Bali dapat mengajak IKM Bali untuk belajar banyak selama lima hari melaksanakan pameran Kriya Nusa tahun 2022 di Jakarta. Ia berharap tahun depan Bali bisa hadir mengajak IKM dan produk-produk unggulan untuk ikut berpameran di pameran Kriya Nusa tahun 2023.

Istri Gubernur Bali Wayan Koster ini menambahkan ke depan Indonesia mesti punya pasar dunia untuk produk-produk kerajinan yang dilaksanakan secara kontinyu dan konsisten sehingga hilir dari produk-produk kerajinan nusantara bisa digelar sedemikian rupa sehingga hulunya produksinya dapat ditingkatkan dan tentu bermuara pada kesejahteraan dari pada pengrajin tidak hanya di Bali tapi juga di seluruh Nusantara.

Baca Juga :  Bupati Aceh Timur Hadiri Kongres Ekonomi Umat

“Kita akan bertekad untuk lebih baik lagi dan tahun depan bisa hadir bersama IKM dan UMKM Bali mengikuti pameran Kriya Nusa 2023,” tukasnya.

Sebelumnya, dalam sambutannya pada acara penutupan Pameran Kriya Nusa 2022, Ketua Bidang Pendanaan Dekranas Elizabeth Thohir menyatakan kegembiraannya bahwa Pameran Kriya Nusa tahun 2022 telah berjalan lancar dan sukses.

“Hal ini dapat kita lihat dari jumlah pengunjung sampai hari ini pada tanggal 25 September tahun 2022 pukul 2 siang sebanyak 63.034 pengunjung dengan nilai transaksi sebesar 14.423.398.000 rupiah,” ucapnya.

Pada acara penutupan juga diserahkan beberapa penghargaan. Salah satunya penghargaan diberikan Ketua Umum Dekranas Ny. Wury Maruf Amin kepada Dekranasda Provinsi Bali melalui Tas Anyaman Perak 925% karya Sucitra Silver sebagai Produk Unggulan Berpotensi.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini