fakultas teknik
Pembukaan Program Penguatan Kapasitas Ormawa Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) telah dibuka pada Selasa (13/9/2022).

PPK Ormawa ini merupakan salah satu bentuk kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri Bina Desa yang diselenggarakan oleh Universitas Udayana. Kegiatan pembukaan dilaksanakan di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Tema kegiatan yang diangkat oleh HMTL sebagai pelaksanan program adalah Digitalisasi Pengelolaan Bank Sampah dan Budidaya Maggot BSF Untuk Sampah Organik Pada Kelompok Masyarakat Balawa Indah di Desa Pedawa. Sejumlah 15 orang mahasiswa yang berasal dari Program Studi Teknik Lingkungan mengikuti program PPK Ormawa HMTL ini.

Pelaksanan PPK Ormawa HMTL ini dibimbing oleh seorang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam pelaksanaan kegiatan ini, yaitu Ir. Kadek Diana Harmayani, ST., MT., Ph.D., yang juga adalah Koordinator Program Studi Teknik Lingkungan. Selain itu, mahasiswa akan didampingi oleh pihak desa yang diwakili oleh Arya Kekan selaku Pembina Kelompok Masyarakat Belawa Indah. Kelompok Masyarakat ini adalah organisasi pengelola Bank Sampah di Desa Pedawa yang berkaitan erat dengan PPK Ormawa HMTL ini.

Baca Juga :  Program Studi Sarjana dan Magister Teknik Sipil FT Unud Melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Desa Peliatan

Pelaksanaan kegiatan akan berlangsung pada Semester Ganjil Tahun 2022 – 2023 ini selama kurang lebih 4 bulan, dari bulan September sampai dengan Desember.

Pada acara pembukaan kegiatan ini, DPL dan Pembina Kelompok Masyarakat Belawa Indah hadir dan memberikan sambutan. Pembukaan prograam dilakukan oleh Bapak Sekretaris Desa Pedawa, Made Warsita Kusuma. Acara juga dihadiri oleh Dosen Prodi Teknik Lingkungan lainnya yang juga akan ikut membantu dalam mendampingi pelaksanaan kegiatan mahasiswa.

Setelah pembukaan oleh Sekretaris Desa, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Koordinator PPK Ormawa HMTL di Desa Pedawa, Putu Agus Ary Wiratama, terkait dengan rencana program yang akan dilaksanakan. Koordinator program juga memperkenalkan contoh ecobrick yang sudah dikerjakan dan akan dibuat dalam kegiatan ini sebagai bentuk penataan Bank Sampah menjadi Wisata Edukasi Pengelolaan Sampah.

“Desa Pedawa merupakan salah satu desa Bali Aga (desa tua) yang terletak di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng dengan luas wilayah 16,68 km2,” ungkap Agus Ary.

Putu Agus Ary Wiratama sebagai Koordinator PPK Ormawa HMTL menyampaikan bahwa hal ini menjadi latar belakang pengangkatan topik program ini adalah kondisi geografis desa yang terletak pada dataran tinggi yang mengakibatkan sulitnya akses menuju desa dan menyebabkan perkembangan pembangunan desa berlangsung lambat, sehingga berdampak pada minimnya fasilitas yang tersedia di Desa Pedawa, salah satunya adalah fasilitas pengelolaan sampah.

Baca Juga :  Senat FKH Unud Gelar Diklat Manajemen Organisasi

“Pada tahun 2018, telah terbentuk Bank Sampah untuk pengelolaan sampah plastik secara mandiri yang dikelola oleh Kelompok Masyarakat Belawa Indah. Selain pengelolaan sampah anorganik, permasalahan sampah organik yang dihasilkan rumah tangga juga menunjukkan perlunya pendampingan lebih lanjut mengenai pengelolaan sampah,” imbuhnya.

Luaran yang diharapkan tercapai dalam program ini, meliputi luaran wajib berbentuk Buku Pengembangan Kapasitas dan Soft Skills Tematik, ringkasan eksekutif, media publikasi elektronik berupa video, poster dan profil hasil pelaksanaan program, serta luaran tambahan dalam bentuk produk aplikasi dan kelembagaan pengelolaan sampah berbasis TIK, produk riil berupa mesin pencacah sampah organik dan container box untuk budidaya maggot BSF, artikel ilmiah, dan publikasi media massa. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini