ftp unud
Kolaborasi Internasional FTP Udayana dengan Jircas Jepang Laksanakan Kegiatan Penelitian di Subak Buleleng dan Subak Lodtunduh Gianyar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Kegiatan International Community Service “Irrigation Modernization and the Development of Farming Industry in Subak” yang merupakan kolaborasi antara Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Teknologi Industri Pertanian, dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, serta Unit Subak Universitas Udayana dengan Japan International Research Center for Agricultural Sciences (JIRCAS) telah dilaksanakan pada Jumat (16/9/2022) di Bale Subak Lodtunduh, Ubud, Gianyar.

Dalam kegiatan ini dilakukan beberapa aktivitas seperti sosialisasi dan sharing tentang modernisasi irigasi dan juga pengembangan industri pertanian di dalam Subak kepada para petani di Subak Lodtunduh, Ubud, Gianyar. Disini juga dilakukan kegiatan penandatangangan berita acara atas beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan antara FTP Udayana, Unit Subak Udayana dengan JIRCAS Jepang.

Baca Juga :  Bahas Permasalahan UMKM, LPPM Unud Gelar Pengabdian Masyarakat di Kabupaten Gianyar

Kegiatan ini dihadiri oleh Dr. Okura Fumi dan Dr. Shindo Soji dari JIRCAS Jepang beserta Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D..

Realisasi Kerjasama antara FTP Udayana dengan JIRCAS Jepang sebelumnya telah dilaksanakan pada tanggal 14-15 September 2022 yaitu kegiatan penelitian irigasi subak, observasi pemasangan alat dan pengambilan data awal di Subak Gede Saba, Desa Seririt, Kabupaten Buleleng.

Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Prof. Ir. I Made Anom Sutrisna Wijaya, M.App.Sc., Ph.D. berharap semoga melalui Kolaborasi antara FTP Udayana dengan JIRCAS Jepang ini dapat memberikan solusi atas permasalahan yang ditemui oleh masyarakat khususnya permasalahan yang berkaitan dengan sistem irigasi subak.

“Semoga kedepannya Kerjasama yang telah terealisasi ini dapat terus berlanjut dan berkembang tidak hanya di bidang pengabdian masyarakat dan  penelitian namun juga di bidang Pendidikan,” ucapnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini