pasar rakyat
Ketua TP PKK Tabanan Hadiri Pasar Rakyat PKK Provinsi Bali Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Setelah selama seminggu dipenuhi dengan aktifitas sosial ke masyarakat dalam aksi ‘Menyapa dan Berbagi’ di beberapa kecamatan di Tabanan, Ketua TP PKK Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya, SH.,MM., berkomitmen untuk selalu mensupport kegiatan yang digelar TP PKK Provinsi Bali dengan menghadiri Pasar Rakyat PKK Provinsi Bali tahun 2022 dengan tema ‘Berbelanja dan Berbagi’ yang ke-7, Jumat (2/9/2022).

Kegiatan yang diinisisasi oleh ketua TP PKK Provinsi, Ibu Putri Koster, tersebut digelar di Lapangan Puputan Margarana Niti Mandala Renon, Denpasar dengan dihadiri oleh Ketua Umum TP PKK, Ny. Tri Tito Karnavian, Kepala Perwakilan Bank BI Bali, Dirut BPD beserta jajaran, Ketua DWP Provinsi Bali dan seluruh Ketua Organisasi Perempuan yang ada di Bali, Ketua TP PKK Se-Kabupaten/Kota di Bali beserta para anggota dan masyarakat penerima bantuan.

Kegiatan Berbelanja dan Berbagi, menjadi program rutin PKK di mana kegiatan ini berangkat dari rasa empati kepada masyarakat, dengan harapan masyarakat bisa bersama-sama bangkit dan sejahtera, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Sebanyak puluhan stan IKM dan UMKM menampilkan hasil kerajinan, kuliner dan hasil-hasil bumi dari seluruh kabupaten/kota se-Bali telah ludes terjual mulai pagi hari. Keuntungan yang ditafsirpun mencapai lebih dari Rp350.000.000.

Masih bertemakan berbagi, kegiatan sangat berkaitan dengan aktivitas sosial, di mana, selain memberikan kesempatan para IKM dan UMKM untuk memperdagangkan hasil kerajinan mereka kepada para pengunjung, hasil pembelian Paket Belanja dari TP. PKK Provinsi dan TP. PKK Kabupaten/Kota Se-Bali akan dibagikan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan, Dari rakyat dan untuk rakyat.

Baca Juga :  Seniasih Giri Prasta Hadiri Pasar Rakyat di Buleleng

Rangkaian kegiatan seperti penyerahan bantuan belanjaan masing-masing 10 tas kepada 10 orang penerima secara simbolis dari Ketua TP. PKK Kabupaten/Kota Se-Bali dan PAKIS MDA Provinsi Bali, penyerahan bibit cabe dari Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Bali kepada Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, selanjutnya diserahkan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-Bali dan Penyerahan Belanjaan 500 Tas kepada 200 orang penerima secara Simbolis dari Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali.

Berbelanja dan Berbagi menjadi tema kegiatan yang mendapatkan apresiasi langsung dari Ketua Umum TP PKK, Ny. Tri Tito Karnavian.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan kongkret yang betul-betul bisa langsung dirasakan manfaatnya, tidak hanya kepada peserta UMKM tapi juga seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, dan bagi keluarga, yang memang adalah tujuan visi misi dari PKK yaitu pemberdayaan kesejahteraan keluarga. Di mana kita memberdayakan segala aspek, stake holder untuk kesejahteraan keluarga,” ungkap Tri Tito.

Pihaknya juga berpesan agar kegiatan ini mampu menjadi contoh, benchmarking dan acuan bagi TP PKK Provinsi lain dalam menggerakkan UP2K PKK kedepannya.

“PKK seluruh Bali, selalu mengisi kegiatan aksi sosialnya dengan ‘Berbagi’. Saat HUT kegiatan kami Berbakti dan Berbagi, dilanjutkan dengan Menyapa dan Berbagi dan pasar rakyat kali ini temanya Berbelanja dan Berbagi. Kami selalu hadir untuk berbagi, itu bentuk kegiatan penerapan 10 program PKK dalam bentuk aksi nyata kami dengan aksi sosial,” kata Putri Koster dalam laporannya.

Pihaknya juga memaparkan, PKK sebagai partner Pemerintah, akan senantiasa mensosialisasikan sesuatu yang penting yang harus dilakukan, terkait dengan program pemerintah baik di Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. Salah satunya ialah program penurunan angka stunting.

“Kami terus mensosialisasikan dengan mendampingi para pakar dan narasumber, untuk mengedukasi masyrakat pentingnya menurunkan angka stunting untuk kejayaan bangsa, dan aksi nyatanya adalah dengan berbagi makanan-makanan sehat, dan makanan tambahan untuk masyarakat,” imbuhnya.

Sebagai wujud nyata, Putri Koster juga menerangkan, PKK seluruh Bali pada awal pandemi telah berhasil menurunkan hampir 400 ton beras dan puluhan ribu masker untuk masyarakat di bulan Juni 2021.

Baca Juga :  Antari Jaya Negara Hadiri Pasar Rakyat 'Berbelanja dan Berbagi' di Kabupaten Tabanan

 “Dan kami akan terus berbagi sampai sekarang,” tegasnya lagi.

Rai Wahyuni Sanjaya, dalam hal ini, tentunya selalu mengapresiasi dan mendukung, upaya TP PKK Provinsi dalam menginisiasi aksi sosial yang linier dengan program-program di Kabupaten.

“Kami akan selalu mendukung kegiatan dan program-program dari provinsi, apalagi kegiatan ini banyak sekali manfaatnya untuk rakyat, kemarin sudah sukses di lakukan di Tabanan, kali ini di Provinsi juga sudah nampak habis terjual, ini terbukti bahwa kegiatan ini mampu mendongkrak perekonomian masyarakat menjadi lebih baik,” ujarnya.

Rai Wahyuni juga menekankan, ketulusan dan keikhlasan kita dalam membantu, menjadi kunci utama dalam seluruh kegiatan sosial ini.

Di kesempatan itu, Ketua TP PKK Provinsi yang juga selaku Ketua Dekranasda Provinsi, turut mengajak Ketua Umum TP PKK, Ny. Tri Tito Karnavian dan seluruh ketua TP PKK Se-Kabupaten/Kota yang hadir saat itu untuk mengunjungi Pameran IKM Bali Bangkit tahap 7 tahun 2022 yang sedang berlangsung di Art Center, Taman Budaya Denpasar.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini