Bali International Fashion Week 2022
Road To Bali International Fashion Week 2022. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Panitia Bali International Fashion Week (BIFW) 2022 menggelar Press Conference tahap I, pada Sabtu (17/9/2022). Acara yang dilaksanakan di Inna Bali Heritage Hotel Denpasar ini merupakan salah satu rangkaian dari Bali International Fashion Week 2022 yang akan diselenggarakan pada tanggal, 11-15 Oktober 2022 mendatang, bertempat di Museum Pasifika Nusa Dua, Kawasan Indonesia Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Dalam keterangan persnya, Prawira Eka Putra, selaku ketua panitia BIFW 2022 mengatakan, Bali International Fashion Week 2022 adalah sebuah wadah bagi para pelaku usaha industri kretif dan UMKM bukan saja dari Bali dan Indonesia tetapi semua lapirasn masyakat seluruh dunia dapat ikut serta dalam kegiatan ini.

“Dengan adanya kegiatan diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas hasil karyanya dengan mengangkat nilai-nilai kearifan lokal masyarakat agar mampu bersaing dikancah Internasional,” ungkapnya.

Acara yang diinisiasi oleh The Sukarno Center ini adalah sebuah bentuk apresiasi serta dukungan terhadap para pelaku usaha UMKM yang telah berkontribusi dalam memajukan industry fashion di Indonesia.

Baca Juga :  Pertamuda Seed & Scale Up, Dukungan Pertamina untuk Pengembangan Start Up Generasi Muda

“Diharapkan melalui acara ini dapat terus berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan hasil karyanya,” ujar Dr. Shri I Gusti Ngurah Wira Wedwitri, S.Sos., SH., MH., selaku Dewan Pembina The Sukarno Center.

Lebih lanjut, dengan mengusung tema ‘Anjali Mahakarya Wastra Bali’ yang memiliki arti ‘Persembahan Pagelaran Terbaik Untuk Busana Khas Bali, Nusantara dan Internasional Dengan Modifikasi Mengikuti Perkembangan Zaman Dan Mederinisasi’, diharapkan mampu memberikan semangat kepada para pengrajinkain tradisional nusantara untuk terus berkarya serta menjaga eksistensi budaya nasional.

Hal ini tentu merupakan sebuah langkah dalam meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap warisan budaya nasional, serta menjadikan kain hasil kerajinan daerah sebagai ikon dalam estetika bangsa Indonesia.

Lebih lanjut, Yongki Perdana, founder dari YMM Organizer menambahkan, dengan kolaborasi yang apik antara pengrajin kain daerah dengan para desainer kelas dunia, diharapkan dapat meningkatkan nilai dari karya tersebut sehingga dapat lebih dikenal dan mampu bersaing di pasar global.

Acara Bali International Fashion Week 2022 memiliki beberapa rangkaian acara, seperti Press Conference tahap 1 yang kita laksanakan hari ini Sabtu, 17 September 2022 di Inna Bali Heritage Hotle Veteran, Audisi Model Tanggal 25 September 2022 di TS Suites Seminyak Kuta Badung, Press Conference Tahap 2 Tanggal 11 Oktober 2022 dan Workshop, Seminar, Fashion Show serta Exhibition Tanggal 11 – 15 Oktober 2022 di Museum Pasifika Nusa Dua (ITDC).

“Tentunya acara ini juga menggabungkan seluruh elemen masyarakat agar dapat berjalan beriringan demi mencapai tujua bersama. Dengan menggandeng Yongki Model Management (YMM, red) Event Organizer, diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk dapat berkarya dan memberikan kontribusi dalam memajukan industry fashion di Indonesia,” tambahnya.

Baca Juga :  Meriahkan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Rai Wahyuni Sanjaya Libatkan Puluhan IKM/UMKM Tabanan

Bali International Fashion Week 2022 diikuti oleh para fashion desainer dari berbagai negara, seperti Prancis, India, Malaysia, dan Indonesia. Tentunya, dengan adanya partisipasi fashion desainer dari luar diharapkan dapat memberikan angin segar kepada desainer Bali untuk terus melakukan penambahan-penambahan ilmu khususnya dibidang fashion.

Tidak hanya itu, dari segi perekonomian masyarakat juga akan terbantu dengan dibukanya stand atau tenant untuk pelaku-pelaku penggiat UMKM Bali. Untuk puncak acara Bali International Fashion Week 2022 akan diselenggarakan di Museum Pasifika Nusa Dua yang berlokasi di kawasan ITDC Nusa Dua Bali pada tanggal 11-15 Oktober 2022. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini