fkp unud
FKP Udayana Siapkan Kelas International dengan Bournemouth University Inggris. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana melakukan penjajakan kerjasama International secara progresif dengan Bournemouth University dari Inggris. Dalam kerjasama ini akan dibentuk program kuliah kelas International yang bertajuk Bali Marine and Fisheries.

Dalam program ini sejumlah mahasiswa S1 dari Bournemouth University akan berkuliah selama 1 semester di Fakultas Kelautan dan Perikanan berbaur dengan mahasiswa Indonesia yang mengambil kelas International.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di Gedung Sidang LP3M pada Kamis (15/9/2022), hadir secara langsung Profesor Rick Stafford dari Bournemouth University. Prof. Rick merupakan marine biologist, dimana beliau meneliti berbagai hal tentang biologi laut secara holistic termasuk perihan overfishing dan carbon stock.

Dalam pertemuan tersebut Prof. Rick menyatakan keseriusan Bournemouth University untuk menjalin kerjasama sehingga dia secara langsung datang dari Inggris untuk menjajaki kerjasama ini.

Baca Juga :  Posyandu Paripurna Berlangsung di Banjar Mertha Buana, Berikan Pelayanan Kesehatan Dasar Hingga Pemenuhan Gizi Cegah Stunting

“Hal ini dikarenakan FKP Udayana memiliki keunikan dalam keilmuan kelautan dan perikanan yang tidak bisa ditemukan di tempat lain,” pungkasnya.

Hal ini juga merujuk biodiversitas laut Bali yang sangat terkenal keindahannya. Para perwakilan Bournemouth University ini disambut langsung oleh Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Prof. I Wayan Nuarsa. Beliau menyampaikan hal ini merupakan pertanda bahwa FKP Udayana saat ini mulai mendapatkan perhatian dari Lembaga akademik dunia, bahkan dari negara maju seperti Britania Raya.

“Tentu kami sangat terbuka untuk peluang kerjasama International ini karena akan sangat baik dalam meningkatkan kapasitas dosen maupun mahasiswa kami di FKP Udayana,” sambungnya.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut Wakil Dekan III FKP, Astawa Karang; Kepala Lab GIS & Remote Sensing, Giri Putra; Kepala Lab Kelautan, Widiastuti; Koprodi Manajemen Sumberdaya Perairan, Dati Partami dan Ketua UPIKS  Mandhara Brasika.

Astawa Karang selaku WD3 menambahkan kerjasama antara Udayana dan Bournemouth tentu tidak akan berakhir pada kerjasama kelas international saja, tapi juga akan mencakup berbagai kerjasama seperti riset dan pengabdian yang nantinya akan membawa Udayana menjadi Universitas berkelas dunia. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News