fkh unud
FKH Unud Gelar Kuliah Umum Mengupas Tuntas Seputar Vaksin pada Kucing. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Minat profesi Pet Learning Organization (P-LO) Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana mengadakan acara Kuliah Umum II dengan tema ‘Basic Vaccine for Cat and the Disease it Covered’, pada Minggu (4/9/2022).

Sesuai dengan tema yang diambil, kuliah umum ini bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta seputar vaksin terhadap hewan kucing.  Acara Kuliah Umum 2 Minpro P-LO 2022 dihadiri kurang lebih 180 peserta yang berasal dari berbagai Universitas di Indonesia.

Sambutan pertama yakni laporan dari ketua panitia Kuliah Umum 2 Minpro P-LO yaitu Savira Hadi Putri, dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua Minpro P-LO Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana,  sambutan Ketua BEM FKH Universitas Udayana, sambutan oleh Pembina Minpro P-LO, sambutan oleh Wakil Dekan III FKH Universitas Udayana, serta sambutan terakhir oleh Dekan FKH Universitas Udayana yang sekaligus membuka Kuliah Umum 2 Minpro P-LO 2022.

Acara dilanjutkan dengan sesi materi dan diskusi yang dimoderatori oleh Ilham Yusuf Bahniar Putera dengan pembicara drh. Adrianus Marcel Pasaribu yang membawakan Topik ‘Basic Vaccine for Cat and The Disease it Covered’.

Baca Juga :  Hulu-Hilir Kolaborasi Tanpa Batas Bersama Petani Lokal Bali

Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa sangat penting bagi pemilik kucing untuk memberikan vaksin kepada hewan peliharaannya.

“Hal ini bertujuan untuk dapat mengendalikan penyakit menular yang seringkali menyerang kucing,” ucap Adrianus.

Di Indonesia sendiri pemberian vaksin pada hewan peliharaan baik itu anjing atau kucing berpedoman pada WSAVA Vaccination Guidelines Group. Dalam pedoman tersebut dijelaskan klasifikasi jenis vaksin yang terdiri dari vaksin core, non-core, dan not recommended.

Penjelasan mengenai jenis dan protokol pemberian vaksin tersebut kepada kucing tak luput juga dipaparkan secara rinci oleh drh. Marcel. Usai penyampaian materi selama kurang lebih 60 menit, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi. Peserta nampak cukup antusias untuk mengajukan pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan oleh pembicara
Sesi materi dan diskusi ditutup dengan pembacaan notulensi oleh moderator, penyerahan sertifikat kepada pembicara, serta sesi dokumentasi bersama dengan seluruh peserta Kuliah Umum 2 Minpro P-LO 2022.

Baca Juga :  Universitas Udayana Tandatangani Nota Kesepahaman dengan PT. Indofarma Tbk

Acara Kuliah Umum dilanjutkan dengan sesi games melalui platform mentimeter yang dipandu kembali oleh saudara Ilham Yusuf Bahniar Putera. Games ini mengharuskan peserta untuk menjawab pertanyaan yang telah disediakan panitia seputar materi hari ini dengan cepat dan tepat. Para pemenang dari games ini nantinya akan diberikan hadiah oleh panitia serta ada hadiah tambahan dari pembicara. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini