Wija Kusuma
FIB Unud Gelar Peluncuran Buku "Wija Kusuma". Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana menjadi tempat terselenggaranya acara Peluncuran Buku ‘Wija Kusuma’ sebagai Persembahan Peringatan 65 Tahun Prof. Dr. I Nyoman Weda Kusuma, M.S. Acara peluncuran ini terselenggara secara luring di Auditorium Widya Sabha Mandala Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana pada Kamis (8/9/2022).

Buku ini memiliki cakupan bidang kajian yang beragam meliputi kajian kebahasaan, kesastraan, dan kebudayaan. Ini merupakan tiga bidang ilmu yang meliputi minat dan perhatian Prof. Dr. I Nyoman Weda Kusuma, M.S.

Acara peluncuran buku ‘Wija Kusuma’ ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dr. Sri Satyawati, S.S., M.Hum., Wakil Dekan I, I Nyoman Arya Wibawa, S.S., M.A., Ph.D., Ketua Senat Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. Suastika, Ketua Guru Besar Universitas Udayana, Prof. Dr. I Gede Mahardika, para penulis yang ikut serta dalam perancangan buku ‘Wija Kusuma’, dan para dosen dari berbagai universitas lainnya.

Acara dibuka dengan sambutan oleh Dekan FIB, Unud, Dr. Made Sri Satyawati,S.S, M. Hum. Beliau mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Prof. Dr. I Nyoman Weda Kusuma atas segala dedikasi beliau dalam membimbing mahasiswa dan dosen lainnya yang ada di lingkungan Fakultas Ilmu Budaya.

Baca Juga :  Gede Ngurah Ambara Putra Resmi Menjadi Anggota DPD RI, De Gadjah : Sinergi Parpol dan DPD Kunci Membangun Bali

“Selamat memperingati 65 tahun, Prof. Weda Kusuma. Semoga selalu sehat, selalu menjadi tauladan bagi kita semua, beliau selalu memberikan saya bimbingan apabila ada hal-hal yang tidak layak saya lakukan,”tegasnya.

Selanjutnya adalah sambutan dari editor buku “Wija Kusuma”, yaitu Dr. I Made Sujana yang dalam sambutannya beliau mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Prof. Dr. Weda Kusuma karena telah berkenan memberikan kepercayaan untuk mengawal proses editing buku “Wija Kusuma” sampai akhirnya berhasil diterbitkan.

“Prof. Dr. I Nyoman Weda Kusuma, M.S. merupakan dosen yang begitu mengayomi seluruh mahasiswanya serta merupakan dosen yang benar-benar mendedikasikan diri untuk kemajuan seluruh mahasiswa serta membawa perubahan besar untuk lingkungan masyarakat ke arah yang lebih berbenah,” imbuhnya.

Buku ‘Wija Kusuma’ diterbitkan oleh Pustaka Larasan pada tahun 2022 dengan total 17 halaman pembuka termasuk cover buku, dilanjutkan dengan halaman isi serta penutup sebanyak 454 halaman. Isi dari keseluruhan buku tersebut merupakan hasil tulisan dari para penulis yang pernah dididik atau dibimbing oleh Prof. Dr. I Nyoman Weda Kusuma, M.S.

Pokok pembahasan di dalamnya dibagi menjadi dua subbidang yaitu; Bahasa dan Sastra, Seni dan Budaya, yang juga merupakan perhatian dan bidang yang ditekuni oleh Prof. Weda Kusuma. Pada halaman akhir buku ‘Wija Kusuma’ yang baru diterbitkan tersebut juga memuat sejarah singkat biografi dari rekam jejak perjalanan Prof. Dr. I Nyoman Wija Kusuma, M.S., yang diberi tajuk ‘Dari Tukang Sapu Pasar Ke Guru Besar’ yang diharap mampu memberi motivasi bagi setiap pembacanya. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News