fib unud
Fakultas Ilmu Budaya Unud Selenggarakan Orasi Ilmiah dan Bedah Buku. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana menyelenggarakan Orasi Ilmiah dan Bedah Buku dalam rangka memperingati HUT ke-64 dan BK ke-41 FIB pada Selasa (27/9/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Dr. Ir. Soekarno, Gedung Poerbatjaraka Lantai IV, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana. Turut hadir dalam acara ini Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Budaya Unud, I Nyoman Arya Wibawa, S.S., M.A., Ph.D., para koodinator program studi, dosen, serta mahasiswa.

Acara diawali dengan sambutan Wakil Dekan I, I Nyoman Arya Wibawa, Ph.D,. yang sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa acara bedah buku serta orasi ilmiah merupakan acara rutin yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT dan BK FIB.

“Orasi ilmiah dan bedah buku ini secara rutin diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Budaya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun dan BK Fakultas Ilmu Budaya. Terlepas dari acara rutin, tentu kami juga ingin menjaga momentum dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) dan juga BKFIB,” tegasnya.

Baca Juga :  Putu Suwardike Raih Gelar Doktor Ilmu Pertanian di Fakultas Pertanian Unud

Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Dr. Luh Putu Laksminy, S.S., M.Hum. karena telah berkenan hadir serta memaparkan Orasi Ilmiah yang sangat menarik dengan tajuk “Inovasi Bahasa dan Gender di Media TV Nasional”.

Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Prof. Drs. I Made Suastra, Ph.D, yang telah berkenan agar bukunya yang berjudul “Purana Pura Kahyangan Jagat Er Jeruk Sukawati” dapat dibedah serta juga dapat memberi wawasan baru.

Acara dilanjutkan dengan orasi ilmiah yang bertajuk ‘Inovasi Bahasa dan Gender di Media TV Nasional’ yang dibawakan oleh Dr. Luh Putu Laksminy, S.S., M.Hum. Orasi ilmiah ini dipandu oleh I Gusti Ngurah Mayun, S.S., M.Hum., selaku moderator. Orasi ilmiah diawali dengan pemaparan tentang pengertian sosiolinguistik, perbedaan sex ‘jenis kelamin’ dengan masalah gender, sejarah penelitian bahasa dan gender, pendekatan studi bahasa dan gender, dan berbagai hal mengenai bahasa dan gender yang berhasil beliau rangkum menjadi materi yang menarik serta juga membuka wawasan baru kepada seluruh peserta orasi ilmiah dan bedah buku.

Masih dipandu oleh bapak I Gusti Ngurah Mayun, S.S., M.Hum., acara dilanjutkan dengan pemaparan dari Dr. Drs. I Ketut Setiawan, M.Hum., yang membedah buku dengan judul ‘Purana Pura Kahyangan Jagat Er Jeruk Sukawati’ karya dari Prof. Drs. I Made Suastra, Ph.D. Diawali dengan pemaparan materi yang dilanjutkan oleh sesi diskusi, rangkaian acara bedah buku ini menjadi sangat menarik dan membuka banyak wawasan serta perspektif baru dari peserta orasi ilmiah dan bedah buku.

Dalam pemaparannya, Dr. Drs. I Ketut Setiawan, M.Hum. bercerita mengenai sejarah awal buku “Purana Pura Kahyangan Jagat Er Jeruk Sukawati” karya dari Prof. Drs. I Made Suastra, Ph.D. ini diciptakan.

Baca Juga :  Fakultas Teknik Unud Terima CSR Dari PT Jasamarga Bali Tol

“Buku ini merupakan dokumentasi penting tentang sejarah berdirinya Pura Kahyangan Jagat Er Jeruk serta buah dari hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Civitas Akademika FIB Unud saat melaksanakan pengabdian di Pura Kahyangan Jagat Er Jeruk beberapa waktu lalu,” paparnya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini