Safety Riding Lab
Edukasi Masyarakat Aman Berlalu Lintas, Astra Perbanyak Safety Riding Lab. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – PT Astra International Tbk melalui Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) bersama Astra Motor Bali berkomitmen menjalankan gerakan Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku aman berkendara dan berlalu lintas. Hal tersebut dibuktikan dengan diresmikan Safety Riding Lab pertama di Provinsi Bali yang berlokasi di SMA Negeri Bali Mandara, Buleleng, pada Jumat (2/9/2022).

Melengkapi empat Safety Riding Lab yang telah hadir secara bertahap sejak 2017 di wilayah lain di Tanah Air, Safety Riding Lab kelima ini hadir dengan 3 zona utama yakni zona Audio-Visual, Zona Simulasi dan Zona Praktek yang dapat dimanfaatkan oleh para peserta didik maupun masyarakat sekitar dalam belajar berkendara sepeda motor. Beragam materi ajar telah disiapkan di fasilitas ini seperti pendidikan etika lalu lintas, keterampilan berkendara hingga pemanfaatan media sosial dalam melakukan kampanye keselamatan berkendara bagi anak muda.

Baca Juga :  Awal Tahun 2024, Pasien Terkena DBD di Buleleng Capai 272 Orang

Turut hadir meresmikan Safety Riding Lab pertama di Bali, Kepala Satuan Lalulitas Polres Buleleng, AKP Anton Suherman; Division Head ESR (Environment Social Responsibility) PT Astra International Tbk, Diah Suran; Ketua Yayasan AHM, Ahmad Muhibbuddin; Region Head Astra Motor Bali, Yohanes Kurniawan; pihak SMA Negeri Bali Mandara; serta undangan lainnya.

Division Head ESR (Environment Social Responsibility) PT Astra International Tbk, Diah Suran menjelaskan, saat ini Astra senantiasa memiliki komitmen yang tinggi terhadap program-program sosial, dan untuk kegiatan hari ini merupakan bagian dari program ‘Astra untuk Indonesia Cerdas’.

“Ini merupakan salah satu upaya Astra untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap aman berlalu lintas mendukung program pemerintah,” ujar Diah Suran.

Disinggung mengenai pemilihan SMA Negeri Bali Mandara sebagai pusat safety riding di Bali, Diah Suran mengatakan, sebelum penentuan lokasi di sini (SMA Negeri Bali Mandara, red), pihaknya menerima beberapa pilihan sekolah-sekolah yang diajukan anak-anak perusahaan di bawah Astra dengan berbagai pertimbangan.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Ajak Anak Yatim dan 40 Konsumen Loyal Honda Buka Puasa Bersama

“Ini sebagai bentuk apresiasi kepada SMA Negeri Bali Mandara, karena sudah berhasil mendidik karakter siswa-siswi menjadi sangat disiplin dan berhasil mendominasi pada ajang AHM Best Student 2022,” jelas Diah Suran.

Lebih lanjut Diah Suran berharap dengan hadirnya Safety Riding Lab di SMA Negeri Bali Mandara yang menjadi satu-satunya di Provinsi Bali dapat melahirkan pelopor-pelopor keselamatan berlalu lintas.

“Safety Riding Lab ini tidak hanya untuk siswa-siwi SMA Negeri Bali Mandara saja, tetapi siap menerima ratusan siswa maupun masyarakat umum untuk belajar bekendara sepeda motor,” ungkap Diah Suran.

Dalam acara tersebut, sebanyak 20 siswa dan siswi dididik untuk menjadi duta Safety Riding yang akan menyampaikan teori maupun skill berkendara sepeda motor. Para duta Safety Riding ini telah tersertifitasi dan mendapat pembinaan langsung dari para Instruktur Safety Riding Honda.

Baca Juga :  Diparkir di Halaman Rumah, Nmax Raib Digondol Maling

Sebagai informasi, sebelum di Bali, Yayasan AHM telah meresmikan Safety Riding Lab di SMK Mitra Industri MM2100 Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, pada tahun 2017. Setahun kemudian, dibangun Safety Riding Lab di SMK Walisongo Menes, Banten, diikuti SMK PABA Binjai, Sumatera Utara dan Safety Riding Lab SMK Muhammadiyah Kepanjen, Malang, Jawa Timur.

Bentuk berkesinambungan kampanye program Safety Riding Yayasan AHM telah diawali dengan program Sahabat Satu Hati Berbagi Ilmu Berkendara di Sekolah binaan AHM dengan mengukuhkan para siswa-siswi duta keselamatan berkendara Sekolah Satu Hati. Program dilanjutkan dengan Safety Riding Camp yang melatih duta Safety Riding dalam kemampuan blogging dan fotografi serta Safety Riding Short Movie Contest. Beragam sarana publikasi pada media sosial ini diharapkan memudahkan para duta keselamatan berkendara dalam menyebarkan virus Safety riding dengan cara yang menarik di era milineal ini.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News