Denpasar
Desa Dauh Puri Kauh manfaatkan lahan kosong di wilayahnya di Jalan Pulau Misol untuk pertanian buah dan sayur serta peternakan lele. Pada Jumat (2/9/2022) dipanen dan dibagikan ke warga yang membutuhkan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kegiatan ketahanan pangan nabati dan hewani dilaksanakan Desa Dauh Puri Kauh, Kecamatan Denpasar Barat pada Jumat (2/9/2022) pagi di lahan pertanian di Jalan Pulau Misol dihadiri oleh jajaran Pemerintah Desa dipimpin Perbekel Desa Dauh Puri Kauh, Kepala Dusun, BPD dan LPM setempat.

Perbekel Desa Dauh Puri Kauh, I Gusti Made Suandhi mengatakan hasil panen dalam kegiatan ketahanan pangan nabati dan hewani ini diperuntukkan bagi 26 KK warga masyarakat yang kesulitan ekonomi atau masih terdampak pandemi covid. Kegiatan ini sejalan untuk merealisasikan salah satu rencana kerja pemerintah Desa Dauh Puri Kauh di tahun 2020.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Gelontor Rp3,2 Miliar Sukseskan PKB XLVI, Terjunkan 21 Duta Kesenian

“Kami membangun area pertanian serta peternakan ditengah perkotaan ini berlokasi di Jalan Pulau Misol sejak bulan Juni tahun 2021 diatas lahan seluas 15 are. Disini membudidayakan berbagai jenis buah, sayuran dan peternakan Lele,” jelasnya.

Sejak digunakannya lahan ini sebagai lahan pertanian dan peternakan sudah empat kali panen. Hari ini kami memanen terong, tomat, mentimun, kacang panjang, cabe, pisang dengan total mencapai berat 90 kg dan ternakan Lele rencananya juga akan dipanen sebulan lagi dan akan langsung disalurkan ke masyarakat.

Baca Juga :  Lewat DTIK Festival 2024, Kota Denpasar Terus Dorong Digitalisasi dan Kolaborasi

“Hari ini kami Panen 90 Kg Sayur Buah, dan bagikan Pada 26 KK yang kami bagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, tujuan kegiatan ini karena kami tergerak untuk membantu warga yang membutuhkan.

“Pendirian lahan pertanian di tengah kota ini pada dasarnya berawal juga dari ide memanfaatkan lahan kosong milik masyarakat dan memang diperuntukan untuk memberdayakan warga yang terdampak covid agar dapat bertahan memutar roda kehidupan. Semoga inisiatif kami ini terus berlanjut dan menginspirasi warga desa lainnya di Kota Denpasar,” ucapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News