Bazzar Pangan
Cara Kota Denpasar Kendalikan Inflasi, Selain Operasi Pasar Juga Gelar Bazzar Pangan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Berbagai cara dilakukan Pemerintah Kota Denpasar dalam mengendalikan laju inflasi. Selain menggelar Operasi Pasar, hari ini Jumat (23/9/2022) juga digelar Bazzar Pangan. Hal ini bertujuan untuk menekan terjadi inflasi dan membantu masyarakat mendapatkan harga pangan yang murah dan terjangkau. Melalui Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Pemerintah Kota Denpasar menggelar Bazar Pangan di Pura Mutering Jagat Dalem Sidakarya Desa Sidakarya Kecamatan Denpasar Selatan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara saat meninjau pelaksanaan Bazar Pangan mengaku sangat mendukung kegiatan ini, karena dapat menekan angka inflasi yang sekarang terjadi. Selain itu  dapat membantu masyarakat mendapatkan harga pangan yang murah. Karena pedagang yang berjualan  langsung dari produsen dan distributor.

“Untuk itu kami harapkan masyarakat harus memanfaatkan kegiatan ini, karena harganya benar benar murah dan terjangkau dibanding harga di pasaran,” ucap Sagung Antari Jaya Negara.

Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, I.B Mayun Suryawangsa mengatakan, kegiatan Bazar Pangan  rutin dilaksanakan setiap tahun sebanyak 9 hingga 10 kali dalam satu tahun. Namun pelaksanaanya lebih sering menjelang hari besar keagamaan. Mengingat  menjelang hari besar keagamaan  harga kebutuhan pokok sering melambung tinggi. Jadi kegiatan ini untuk membantu masyarakat mendapatkan harga yang lebih murah karena langsung mendatangkan produsen dan distributor.

“Kebetulan sekarang inflasi masih tinggi di Kota Denpasar walaupun sudah menurun dibandingkan sebelumnya, untuk itu Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan  Kota Denpasar terus mendorong dengan pelaksanaan Bazar pangan ini,” kata Mayun Suryawangsa.

Harga kebutuhan pokok di Bazar Pangan relatif lebih murah dari harga di pasaran, seperti bawang merah dijual hanya Rp22.000 per kg, minyak curah Rp13.000 per liter, telur Rp47.000 per krat dan beras Rp52.000 per lima kg.

Dalam kegiatan ini pihaknya melibatkan 20 distributor dan produsen. Lokasi pelaksanaan Bazar Pangan lokasi memang dipilih di ke Kelurahan yang ada di kecamatan yang ada Kota Denpasar.

“Pelaksanaan digilir dimasing masing kecamatan, hari ini berlangsung di Kecamatan Denpasar Selatan,” katanya.

Sampai saat ini Mayun Suryawangsa mengaku pelaksanan yang sudah dilaksanakan mendapat sambutan yang antusias masyarakat untuk mendatangi bazzar pangan.

Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan Bibit Ikan dari Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, I.B Mayun Suryawanga ke Pemangku Pura Mutering Jagat Dalem Sidakarya Desa Sidakarya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini