Antari Jaya Negara
Antari Jaya Negara Hadiri Pasar Rakyat ‘Berbelanja dan Berbagi’ TP PKK Provinsi Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Mengusung tema ‘Berbelanja dan Berbagi’, Pasar Rakyat TP PKK Provinsi Bali digelar di area Lapangan Niti Mandala Renon pada Jumat (2/9/2022). Gelaran Pasar Rakyat ini merupakan yang ke-7, setelah sebelumnya dilaksanakan di beberapa kabupaten di Bali. Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara turut menghadiri kegiatan tersebut. Dalam kegiatan itu, Ny. Antari Jaya Negara secara simbolis juga berkesempatan menyerahkan paket bantuan kepada warga kurang mampu.

Kegiatan Pasar Rakyat ‘Berbelanja dan Berbagi’ turut dihadiri pula oleh Ketua Umum TP PKK, Ny. Tri Tito Karnavian, Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster dan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali, Gusti Agung Diah Utari. Tampak hadir pula para Ketua TP. PKK Kabupaten /Kota se-Bali, jajaran OPD terkait serta para undangan lainnya.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Explora FBTSH Universitas Bali International

Usai acara penyerahan bantuan tersebut, Ny. Antari Jaya Negara mengatakan penyelenggaraan kegiatan Pasar Rakyat ini sarat akan manfaat bagi masyarakat.

“Seperti yang kita tahu, Pasar Rakyat ini menyediakan fasilitas tempat bagi pelaku UKM untuk membuka lapak mereka di sini. Tentu hal ini merupakan hal positif, dimana para pelaku usaha bisa sekaligus mempromosikan produk unggulan. Ini juga merupakan salah satu upaya membangkitkan kembali ekonomi pasca serangan pandemi,” tutur Ny. Antari Jaya Negara.

Sementara itu dalam sambutannya Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster mengatakan kegiatan Pasar Rakyat yang diselenggarakan oleh TP PKK Provinsi Bali begitu kental akan nuansa berbagi dengan masyarakat.

“Kami berfokus pada membantu dan berbagi pada masyarakat. Penyelenggaraan Pasar Rakyat ini sendiri bisa dikatakan sebagai perwujudan dari 10 program pokok PKK dimana, masyarakat menjadi inti pokok dari program program tersebut,” ungkap Ny. Putri Koster.

Baca Juga :  Bank Indonesia Bali Buka Penukaran Uang Rupiah di Daerah Wisata Pantai Kuta Kabupaten Badung Bersama Bendesa Adat

Selain itu Ny. Putri Koster juga menyampaikan tentang pencegahan stunting yang hingga kini masih menjadi salah satu program prioritas di PKK di Bali.

“Pada setiap kesempatan, kami selalu berupaya untuk mengedukasi masyarakat untuk pencegahan stunting, yang secara nyata dapat dilakukan dengan aksi nyata berbagi makanan sehat dan bergizi bagi para masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Apresiasi terhadap penyelenggaraan Pasar Rakyat ini diberikan pula oleh Ketua Umum TP PKK, Ny. Tri Tito Karnavian. Dirinya berharap kegiatan seperti ini bisa dicontoh oleh provinsi lainnya di Indonesia.

“Saya meyakini bahwa kegiatan semacam ini adalah kegiatan kongkret yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terima kasih kepada Ny. Putri Koster yang sudah menginisiasi kegiatan semacam ini,” kata Ny. Try Tito Karnavian.

Baca Juga :  DPRD Bali Berikan Tanggapan Terhadap Raperda Insentif Investasi dan Pengarusutamaan Gender

Dia menambahkan, kegiatan Pasar Rakyat juga bisa dijadikan acuan guna menggerakan Usaha Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK.

“Kita lihat pandemi covid begitu membuat semua hal berubah. Bahkan perekonomian juga sempat mengalami titik terendah. Maka peran PKK dalam upaya ketahanan perekonomian sangat diperlukan,” tambah Ny. Tri Tito Karnavian.

Selain itu dalam kegiatan ini juga diisi juga dengan penyerahan secara simbolis bantuan bibit cabai dari Bank Indonesia (BI) Bali yang diserahkan kepada Ketua PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Koster. Lalu, bibit cabai itu secara estafet diserahkan oleh Ny. Putri Koster kepada Ketua TP PKK Kabupaten/Kota Se-Bali, dimana masing masing TP PKK tersebut menerima sejumlah 8000 bibit cabai.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News