Rekomendasi Kamera
Ilustrasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Memasuki era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, kemajuan teknologi merupakan bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Betapa tidak, saat ini aktivitas manusia semakin dipermudah dengan adanya teknologi modern berbasis digital, bahkan hampir segala jenis pekerjaan manusia masa kini kerap memanfaatkan teknologi digital dalam penerapannya.

Di era digital sekarang ini, marak sekali bermunculan beberapa jenis pekerjaan yang mulai digandrungi oleh generasi muda dan tentunya sangat menjanjikan dari sisi penghasilan seperti, Content Creator, Photographer, YouTuber, Influencer, hingga Selebgram. Biasanya, pekerjaan-pekerjaan tersebut perlu didukung dengan teknologi bernama kamera.

Bagi seseorang yang menekuni salah satu pekerjaan tersebut di atas, untuk menghasilkan suatu produk atau konten berupa foto dan video dengan hasil yang bagus, tentu harus didukung dengan alat yang mumpuni berupa kamera dengan spesifikasi terbaik. Namun, Bagi kalian para pemula yang baru terjun dalam dunia digital, sebaiknya menggunakan kamera yang mudah untuk dioperasikan. Selain mudah dioperasikan, kalian juga harus melihat kelebihan dan kekurangannya, dimana tiap tipe kamera juga memiliki harga dari yang paling terjangkau hingga yang paling mahal.

Salah satu Photographer Professional, yang kebetulan juga menjadi Narasumber dalam acara Workshop & Photo Hunting bertajuk ‘Lifestyle Shoot for Commercial Photography’ oleh Sinar Photo dan Infinity8 Bali, Elfa Surya Rizky, pada Sabtu (10/9/2022) lalu mengatakan, para Content Creator atau Photographer pemula wajib mempertimbangkan ketiga hal tersebut saat akan memilih kamera yang akan dipergunakan. Sehingga, produk yang dihasilkan berupa konten, foto ataupun video tersebut dapat sesuai dengan harapan dan ekspetasi.

Baca Juga :  Berkolaborasi dengan Sinar Photo, Infinity8 Bali Gelar Kompetisi Photography

Lalu, kamera digital merek dan tipe apa saja yang cocok untuk pemula?

Kali ini, tim redaksi Baliportalnews.com berusaha merangkum, kamera-kamera jenis dan merek apa yang sesuai bagi pemula. Berikut rangkumannya:

  1. Nikon D3500

Nikon D3500 merupakan kamera digital jenis DSLR. Kamera ini dilengkapi dengan sensor APS-C dan tingkat kejernihan 24.2 MP. Lebar layar yang dimiliki sebesar 3inci. Kecepatan brust maksimum yang bisa dilakukan Nikon D3500 secepat 5fps. Resolusi video terbesar yang bisa ditangkap yakni 1080p dengan kualitas full HD.

Dengan spesifikasi yang dimiliki, kamera ini dibanderol dengan harga sekitar Rp5.500.000 – Rp7.000.000. Nikon D3500 memiliki kelebihan dan kekurangan. Lebarnya yang standar, sangat pas saat digenggam dan menjadikannya stabil. Namun, kamera ini belum memiliki fitur touch screen dan layarnya tidak fleksibel. Pengambilan video yang cukup lamban juga menjadi kekurangan dari Nikon D3500. Dengan spesifikasi dan harga yang terbilang murah, Nikon D3500 cocok digunakan pemula.

  1. Canon EOS 200D

Tak jauh berbeda dari Nikon D3500, Canon EOS 200D juga termasuk dalam jenis DSLR. Kamera digital ini memiliki resolusi 24.2 MP, berat 453 gram dan lebar 3inch. Kecepatan dan resolusi video yang dimiliki, sama dengan Nikon D3500.

Canon EOS 200D memiliki opsi panduan layar dan bukaan maksimum. Kamera ini sudah dilengkapi dengan fitur layar sentuh. Hal ini akan memudahkan pemula dalam mengoperasikan kamera. Sayangnya, lensa kit yang dimiliki hanya sebesar f/4, dan dibanderol dengan harga kurang lebih Rp5.800.000.

  1. Sony A6000

Berbeda dengan yang sebelumnya, Sony A6000 merupakan jenis kamera mirrorless. Kamera ini memiliki body yang slim dan stabil saat digenggam. Kecepatan shooting sebesar 11fps dan resolusi gambar 24 MP, membuat hasil jepretan jernih dan tajam.

Berkisar di harga Rp5.799.000 Sony A6000 memiliki lebar layar sebesar 3inch. Kamera ini sudah dilengkapi dengan 2 slot memori eksternal. Fitur HDMI, USB port, Wi-fi, dan NFC, membuktikan bahwa kamera ini sangat mudah dioperasikan.

  1. Fujifilm XT-200

Kamera mirorless yang cocok untuk pemula selanjutnya adalah Fujifilm X-T200. Kamera ini memiliki resolusi kamera 24.2 MP. Iso yang dimiliki sebesar 51200 dengan resolusi video 3840 x 2160 pixel. Layar Fujifilm terbilang cukup lebar, yakni 3,5 inch.

Baca Juga :  Pemerintah Berhasil Himpun Rp7,1 Triliun Pajak Digital

Fujifilm X-T200 menjadi pilihan kamera untuk pemula karena spesifikasi yang unggul. Kamera ini juga sangat baik bagi Youtuber, karena mampu merekam video dengan resolusi 4K dengan harga yang cukup bersahabat sekitar Rp7.990.000.

  1. Panasonic LumixDMC GX85

Yang terakhir menjadi rekomendasi dari Tim Redaksi Baliportalnews.com adalah Panasonic dengan Brand andalannya Lumix. Kamera mirorless yang satu ini mendukung aktivitas foto/videografer pemula. Kamera ini dapat disesuaikan sesuai keinginan dengan mudah.

Panasonic LumixDMC GX85 menjadi pilihan saat pemotretan di tengah teriknya matahari tanpa takut dengan buruknya kualitas gambar. Tidak hanya itu, resolusi video sebesar 4K akan mendukung para pemula saat mengambil video dengan jernih dan itu bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar Rp6.999.000.

Nah, berikut tadi beberapa kamera yang menjadi rekomendasi kami di atas, kalian para pemula bisa menentukan sendiri mana yang terbaik untuk dipinang. Selalu ingat dengan kebutuhannya dan kegunaannya, pertimbangkan kembali mengenai kekurangan dan kelebihannya dari setiap brand yang ada, dan tak kalah penting Pastikan sesuai dengan budget yang kalian miliki. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini