Denpasar
YKI Cabang Kota Denpasar Siap Kolaborasi dengan TP PKK Kota Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam membantu program Pemerintah Kota Denpasar, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kota Denpasar siap berkolaborasi dengan Tim Penggerak PKK Kota Denpasar. Hal ini disampaikan Ketua YKI Cabang Kota Denpasar, Tri Indarti saat audensi dengan Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana di Gedung Wanita Santi Graha Denpasar, Selasa (30/8/2022).

Dalam kesempatan itu Tri Indarti mengatakan, YKI mempunyai program-program yang menyentuh langsung masyarakat, baik di bidang penyuluhan dan aksi sosial pencegahan kanker.

Baca Juga :  OJK Bali dan Badan Zakat Nasional Menyelenggarakan Kegiatan Edukasi Keuangan Syariah

“Untuk itu kami siap membantu berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Denpasar melalui TP PKK Kota Denpasar dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat,” kata Tri Indarti.

Saat ini YKI juga mempunyai program pengobatan dengan menyediakan bantuan obat gratis bagi penderita kanker yang membutuhkan. Selain itu pihaknya juga mempunyai program bidang pelayanan sosial yakni deteksi dini tentang kanker serviks, Pap Smear, IVA, Kanker Payudara Sadanis dan kanker lain. Vaksinasi Ca Servik, Bhakti sosial penanggulangan kanker, memberikan santuan bagi penderita kanker bekerjasama dengan K3S.

Bidang pendidikan dan penyuluhan memberikan penyuluhan kesehatan terkait kanker melalui media sosial dan interaktif/tatap muka. Bidang penelitian dan registrasi kanker melakukan publikasi ilmiah tentang kanker, melakukan registrasi skrining pada kasus-kasus kanker yang ada di wilayah Denpasar.

Dalam meningkatkan kesehatan masyarakat pihaknya juga siap memberikan penyuluhan tentang kanker di sekolah-sekolah maupun di kegiatan posyandu Penyuluhan yang diberikan tentunya tentang pencegahan kanker serviks dan payudara bagi wanita.

Baca Juga :  Pasca Pemilu, Kominfo Ajak Masyarakat Rajut Harmoni Bersatu Membangun Negeri

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengucapkan terima kasih kepada YKI karena bersedia berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Denpasar. Tentunya kolaborasi ini sangat diperlukan karena akan membantu masyarakat Kota Denpasar dalam hal kesehatan.

Menurut Ny. Sagung Antari Jaya Negara keteribatan YKI tentunya sangat diperlukan karena banyak dokter yang tergabung dalam organisasi itu.

“Program ini bisa membantu kami memberikan penyuluhan tentang kesehatan khususnya kanker kepada masyarakat agar bisa bisa terdeteksi sejak dini,” ungkap Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Terima Kunjungan Pihak Kemenlu RI, Bahas Peluang Sister City Kota Denpasar Dengan Kota Zadar, Kroasia

Lebih lanjut Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, pihaknya juga menginginkan agar YKI memberikan penyuluhan tentang kesehatan reproduksi dalam kegiatan Bimtek bagi calon pengantin yang akan datang. Dengan demikian mereka bisa melahirkan generasi penerus yang sehat.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News