Magister Agribisnis
Webinar Program Magister Agribisnis tentang Penulisan Artikel Jurnal Internasional Terindeks Scopus. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Magister Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana menggelar  webinar tentang Penulisan Artikel Jurnal International Terindeks Scopus, yang dilaksanakan secara daring dengan pembicara Prof. Dr. Ahmad Maryudi, Guru besar Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada dan juga sebagai Assosiate Editor Forest Policy and Economics-Elsevier Scopus Q1.

Webinar Penulisan Jurnal Internasioanal ini diselenggarakan pada Rabu (3/8/2022) yang dibuka langsung oleh Koprodi Magister Agribisnis, Dr. I Dewa Ayu Sri Yudhari, SP., M.Si., dan juga kegiatan dibuka  oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gede Ustriyana, M.M., sebagai moderator dalam kegiatam webinar adalah Dr. Ir. I Dewa Putu Oka Suardi, M.Si.

Baca Juga :  PS Profesi Apoteker FMIPA Unud Kunjungi Empat Industri Farmasi Terkemuka di Indonesia

Koprodi Magister Agribisnis dalam sambutan singkatnya  menyampaikan bahwa sangat penting untuk melaksanakan kegiatan webinar terkait dengan penulisan jurnal internasional terindeks scopus karena pada umumnya masih banyak dosen apalagi mahasiswa pasca yang sangat susah untuk bisa published pada jurnal terindeks scopus.

“Melalui kegiatan ini diharapkan akan ada peningkatan daripada pemahaman dosen dan mahasiswa pasca sarjana dalam penulisan jurnal internasional dan nantinya dapat publish pada jurnal terindeks scopus,” jelas I Dewa Ayu Sri Yudhari.

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Udayana juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Prodi Magister Agribisnis karena  kegiatan penulisan jurnal dirasa sangat dibutuhkan di kalangan dosen dan mahasiswa sehingga harapannya banyak tulisan bisa terpublish pada jurnal internasional terindeks scopus.

Narasumber Prof. Dr Ahmad Maryudi dalam pemaparannya selama 1,5 jam menyampaikan tentang kiat dan trips untuk  dapat publish dalam jurnal internasional yang perlu dipertimbangkan  antara lain: 1) Pemilihan jurnal, 2) Penyiapan naskah, 3) Pengiriman naskah, 4) Berhubungan dengan reviewer dan editor. Pentingnya mengetahui pemilihan jurnal yang akan dituju dengan mengakses link https:www.scimagojr.com/. Disamping itu juga perlu diperhatikan dalam pemilihan judul pada jurnal agar dibuat lebih menarik dan memiliki arti yang mendalam.

Baca Juga :  Dekan FIB Unud Berikan Arahan kepada Koprodi Baru Periode 2022-2026

Lebih lanjut dijelaskan bahwa perlu juga melihat reputasi jurnal antara lain: 1. Reputasi editor, 2) Acceptance/ Rejection (A/R) rate (A/R) rendah umumnya lebih prestisius/bereputasi). 3) Kualitas artikel yang diterbitkan, 4) Waktu untuk publikasi (prosesreview, pre-pub online) dan 5) Audience/readership.

Peserta kuliah tamu yang diikuti oleh 65 orang peserta dari mahasiswa dan dosen di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Udayana maupun di luar lingkungan Universitas Udayana sangat antusias dengan topik yang dipaparkan oleh narasumber, sehingga banyak pertanyaan yang terungkap dalam diskusi.

Baca Juga :  Pelantikan Ketua dan Wakil Ketua Ormawa Periode 2022 di Lingkungan Universitas Udayana

Dalam akhir pemaparan narasumber menyampaikan bahwa jangan ragu untuk memulai menulis dan jangan  takut  jika tulisan direject karena hal tersebut menjadi pembelajaran untuk  kedepannya kita bisa mengetahui kesalaham dalam menulisan dan dapat meningkatkan kualitas tulisan yang lebih baik kedepannya. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini