Buleleng
Wabup Sutjidra Serahkan Bantuan Hibah Alat Tangkap Ikan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra menyerahkan secara simbolis bantuan hibah sarana dan prasarana penangkapan ikan kepada tiga Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Kabupaten Buleleng. Ketiga KUB tersebut yakni KUB Weda Weka Jaladi desa/Kecamatan Kubutambahan, KUB Sari Merta desa Kalibukbuk kecamatan Buleleng dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Mina Muda Mandiri desa Subuk kecamatan Busungbiu. Penyerahkan berlangsung di Balai KUB Weda Jaladi Banjar Dinas Kuta Banding desa Kubutambahan, Senin (22/08/2022).

Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan kabupaten Buleleng tahun ini telah mengeluarkan bantuan berupa hibah kepada sembilan KUB yang tersebar diseluruh kecamatan pesisir yang ada di Buleleng. Dari sembilan KUB itu, KUB Weda Weka Jaladi menerima bantuan paling besar yaitu senilai Rp200.000.000, KUB Sari Merta Desa Kalibukbuk menerima bantuan senilai Rp100.000.000, dan Pokdakan Mina Muda Mandiri menerima bantuan senilai Rp63.700.000. Pemberian hibah ini tentunya sesuai dengan potensi yang ada di masing-masing kelompok.

Baca Juga :  Tiga Pengguna dan Satu Kurir Narkoba Diringkus Polisi, Satu Bandar Kabur

Wabup Sutjidra berharap bantuan sarana prasarana penangkapan ikan ini dapat berdaya dan berhasil guna. Serta dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup nelayan serta anggota keluarga KUB.

”Hibah ini menggunakan dana APBD kabupaten Buleleng tahun 2022, mudah-mudahan alat penangkapan ikan ini bisa bermanfaat bagi Kelompok Usaha Bersama,” ucap Sutjidra.

Sutjidra juga berpesan kepada para nelayan dan juga anggota kelompok usaha bersama yang menerima bantuan untuk selalu menjaga dan merawat perlengkapan yang diberikan. “Hal yang susah adalah merawat perlengkapan tersebut dan diberdayagunakan untuk meningkatkan hasil tangkap,” ungkapnya.

Sementara kepada SKPD terkait, utamanya Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Sutjidra menginstruksikan agar terus melakukan pendataan dan pemetaan terhadap semua potensi sektor perikanan dan kelautan.

Baca Juga :  Dewan Buleleng Ingatkan Soal Optimalisasi Perda Saat Sidang Paripurna Bersama Eksekutif

“Mulai dari SDA, SDM, sampai kendala-kendala yang ada. Sehingga pembangunan Buleleng akan lebih terarah dan berkesinambungan,” imbuhnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna, Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Buleleng, Gede Putra Aryana, Camat Kubutambahan, Made Suyasa, Perbekel, serta warga desa setempat.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News