Wali Kota Denpasar
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudarma saat melaunching tiga inovasi serangkaian peringatan HUT ke-28 Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar di Plaza Pasar Badung, Senin (1/8/2022). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara melaunching tiga inovasi serangkaian peringatan HUT ke-28 Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar di Plaza Pasar Badung, Senin (1/8/2022). Ketiga inovasi tersebut yakni 16 Pasar Sehat, Inovatif, Aman Pakai (SIAP) QRIS, Sewaka Mart (Belanja Online) dan Parkir Digital Cashless Payment. Bahkan, Wali Kota Jaya Negara bersama undangan lainnya berkesempatan mencoba langsung berbelanja menggunakan QRIS, bertransaksi di Sewaka Mart dan membayar retribusi parkir menggunakan Kartu Parkir Digital Cashless Payment.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudarma, Pimpinan OPD, Direktur Utama Perumda di Kota Denpasar serta pedagang pasar.

Dalam laporannya, Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, I.B Kompyang Wiranata mengatakan, Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar merupakan Perusahaan yang mengelola 16 Unit Pasar, Unit Bina Usaha, dan Unit Parkir. Sehingga, dengan mengelola unit-unit pasar diharapkan mampu menjaga dan merawat fasilitas bangunan pasar, pedagang dan aktifitas sosial lainnya. Tak hanya itu, lebih jauh mampu berkontribusi memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Denpasar.

Dijelaskan Gus Kompyang, kegiatan Usaha Perumda Pasar bertujuan untuk mendorong pengembangan Perekonomian Daerah, Pertumbuhan Ekonomi Nasional serta pelayanan dalam pemenuhan kebutuhan hajat hidup masyarakat. Karenanya, di usianya yang ke-28 tahun ini Perumda Pasar gencar melaksanakan kerjasama dengan berbagai stakeholder. Adapun HUT tahun ini mengangkat tema ‘Dengan Digitalisasi Pasar Kita tingkatkan Profesionalisme dan Daya Saing Pasar Rakyat’.

Baca Juga :  Inovasi Branding Media Sosial Pemerintah: Workshop Kolaboratif PPPOMN BPOM x Digitalic

“Perumda Pasar juga sudah menjalin Kerjasama dengan BPD Bali dari tahun 2018 dalam rangka mempercepat terlaksananya Digitalisasi Pasar, seperti Pungutan Online (E-Retribusi) dan dilanjutkan dengan program Pasar Siap QRIS, Sewaka Mart (Belanja Online) dan Parkir Digital Cashless Payment, tak hanya itu, kerja sama juga telah terjalin dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk pelaksanaan jaminan sosial bagi pedagang,” jelasnya.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, pasar rakyat merupakan salah satu penggerak penting ekonomi kerakyatan. Karenanya, Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Pemerintah Pusat terus berupaya melakukan pembangunan, pemberdayaan dan peningkatan kualitas pengelolaan pasar rakyat.

Baca Juga :  58 Caleg Gerindra Bali Terpilih sebagai Anggota Legislatif Periode 2024-2029

“Penerapan digitalisasi pasar rakyat merupakan bagian dari adaptasi kehidupan era baru yang kini telah memberikan kemudahan dalam bertransaksi,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, pasar rakyat memiliki potensi untuk mengakselerasi transformasi digital sektor perdagangan dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

“Atas nama Pemerintah Kota Denpasar kami menyampaikan Dirgahayu Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, semoga hari jadi ini menjadi momentum untuk kebangkitan pasar rakyat yang Maju, Inkulsif dan Berdaya Saing menuju Denpasar Maju,” ujar Jaya Negara.

Sementara. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho memberikan apresiasi atas kecepatan Kota Denpasar dalam mewujudkan digitalisasi pasar. Hal ini tentunya tidak lepas dari dukungan pemerintah yang disertai dengan sinergitas antar lini yang solid.

Baca Juga :  Pemerintah Kota Denpasar Gelorakan Semangat Literasi, Gelar Workshop Tingkatkan Minat Membaca dan Menulis

“Tentu kami sangat apresiasi atas kecepatan Kota Denpasar dalam mewujudkan digitalisasi pasar rakyat, dan kali ini sudah sukses dimulai di 16 pasar dibawah naungan Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar,” ujar Trisno Nugroho.

Dalam kesempatan tersebut juga turut diserahkan Santunan Kematian kepada ahli waris pedagang dan penyerahan kartu jaminan sosial. Rangkaian acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng dan ramah tamah.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News