qris parkir
QRIS Hadir di 77 Titik Parkir Kota Denpasar . Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka memperluas digitalisasi pembayaran retribusi daerah, pada hari Selasa, tanggal 16 Agustus 2022, Bank Indonesia Provinsi Bali bekerja sama dengan BPD Bali, Pemerintah Daerah Kota Denpasar dan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Kota Denpasar meresmikan pembayaran parkir berbasis digital menggunakan QRIS di 77 titik parkir di Denpasar.

Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Perumda Bhukti Praja Sewakadarma Kota Denpasar k -18 sekaligus untuk menyongsong peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyampaikan bahwa terobosan pengembangan digitalisasi pembayaran parkir tepi jalan / on street berbasis QRIS membuat pembayaran menjadi lebih cepat, mudah, dan aman serta memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat .

Lebih lanjut, Trisno menambahkan dengan menggunakan QRIS, juru parkir tidak perlu menyiapkan uang kembalian dan terhindar dari uang palsu. Selain itu, bagi masyarakat pengguna parkir, pembayaran dengan QRIS menjadi lebih cepat dan mudah karena pengguna parkir hanya cukup memindai ( scan ) QR Code yang terdapat di rompi juru parkir dan langsung membayar biaya parkir sesuai nominal yang tercantum. Sementara itu, bagi pemerintah daerah dapat mencegah kebocoran dan meningkatkan pendapatan parkir daerah.

Baca Juga :  Triwulan I Tahun 2024, Total Penerimaan Pajak Daerah di Kota Denpasar Capai Rp262 Miliar

“Untuk meningkatkan penggunaan QRIS, Bank Indonesia Provinsi Bali memberikan apresiasi kepada juru parkir yang menggunakan transaksi QRIS tertinggi selama bulan Agustus, yaitu sejak implementasi sampai dengan 31 Agustus 2022,” ujar Trisno.

Implementasi QRIS di 77 titik lokasi parkir ini diselenggarakan untuk mendukung program pekan QRIS nasional yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, sekaligus memperingati HUT ke – 77 Republik Indonesia Sebagai rangkaian kegiatan PQN 2022 di Bali, Bank Indonesia Provinsi Bali akan menyelenggarakan semarak QRIS di lingkungan internal B dan di Sanur Village Festival ( SVF ) 2022 yang diselenggarakan pada tanggal 17-21 Agustus 2022 di Pantai Matahari Terbit, Sanur.

Baca Juga :  BAN-PDM Provinsi Bali Gelar Rapat Koordinasi Daerah Tahap I Tahun 2024

Trisno menyampaikan bahwa perkembangan pembayaran digital berbasis QRIS di Bali mengalami peningkatan baik dari sisi pengguna/user maupun merchant. Pengguna QRIS di Bali pada 30 Juni 2022 menempati peringkat 5 terbanyak se-Nasional, dengan jumlah 398.411 pengguna atau meningkat sebesar 94 % ( ytd ) dari awal tahun 2022 yang tercatat sebanyak 204.945.

“Perluasan jumlah merchant yang menerima pembayaran dengan QRIS di wilayah Bali juga meningkat sebesar 22,74 % ( ytd ) yaitu dari 395.838 merchant pada Desember 2021 menjadi 485.852 merchant pada bulan Juni 2022,” tutup Trisno. (bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News