Melukis
MEMBUMI Bersama ST Bineka Berikan Edukasi dan Lomba Melukis Gerabah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Menyemarakkan suasana HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Banjar Binoh Kaja menggelar lomba mewarnai pot tanah liat/gerabah.

Kegiatan ini dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Denpasar, I Nyoman Gede Sumara Putra, Kelian Adat, I Ketut Suwena, dan Kaling Binoh Kaja pada Minggu (21/8/2022) di Banjar Binoh Kaja.

Dewi Estede selaku panitia mengatakan ‘MEMBUMI’ adalah sociopreneur berbasis riset yang berupaya untuk meregenerasi pengrajin gerabah Binoh. Mungkin tidak banyak yang tahu jika dahulu Binoh adalah produsen gerabah terbesar yang memasok Pasar Payuk, sebelum berubah nama menjadi Pasar Badung.

“Sangat disayangkan kini para pengrajin sudah memasuki usia manula, sehingga bisa dikatakan bahwa sentra pengrajin ini sudah pada fase kritis. Membumi melakukan edukasi kepada generasi muda melaluil workshop dan inovasi produk, sehingga menghasilkan nilai ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar, menarik minat generasi muda untuk berkreasi menggunakan tanah liat, dan tentunya membuka lapangan pekerjaan untuk anak – anak muda Banjar Binoh,” tuturnya.

Baca Juga :  Tingkatkan Kemahiran Berbahasa Indonesia ASN Pemprov Bali, Sekda Dewa Indra Buka Sosialisasi Pengutamaan Bahasa Negara

Lebih lanjut Dewi menjelaskan, Selain produk gerabah besar yang telah eksis seperti paso, pane, jeding dll. MEMBUMI berinovasi pada fungsi produk, variasi produk serta penambahan warna dan motif. Salah satunya menghasilkan mug healing, benda-benda dekoratif dengan metode hand building atau melalui alat putar cepat, serta Pottery Painting Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan. Kegiatan ini berkolaborasi dengan Sekaa Truna Banjar Binoh Kaja.

I Nyoman Gede Sumara Putra, selaku anggota DPRD Kota Denpasar mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh ST.Bineka yang berkolaborasi dengan MEMBUMI Projek.

Baca Juga :  Kinerja Industri Jasa Keuangan Provinsi Bali Terjaga dan Tumbuh Positif
Melukis
MEMBUMI Bersama ST Bineka Berikan Edukasi dan Lomba Melukis Gerabah. Sumber Foto : Istimewa

“Lomba ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak tentang kriya gerabah serta memperkenalkan bahwa Binoh Kaja merupakan pusat gerabah di Denpasar, sekaligus mengasah kreativitas anak-anak untuk bermain warna,” katanya.

I Nyoman Gede Sumara Putra berharap anak-anak yang mengikuti lomba ini dapat menumbuhkan kreativitas serta melatih otak kanan. Lomba ini terbuka untuk umum, anak-anak usia 5-10 tahun, mengundang perwakilan dari sekolah-sekolah di sekitar Desa Ubung Kaja.

“Saya berharap kegiatan ini dapat berlanjut dilaksanakan sehingga kedepannya bisa menjadi salah satu objek wisata,” harapnya.

Baca Juga :  Sebanyak 496 Orang Manfaatkan Pelayanan di MPP Kota Denpasar Saat Cuti Bersama Idul Fitri

Perlombaan melukis pot tanah atau gerabah ini para pemenang diberikan sertifikat penghargaan dan perlengkapan sekolah.(ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News