Mahasiswa KKN unud
Mahasiswa KKN – PPM Unud Periode XXV Berperan Aktif dalam Pengembangan Potensi UMKM di Desa Suana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Masing – masing daerah di Pulau Bali memiliki potensi usaha yang jika diberikan kesempatan dan perhatian yang baik akan mampu menjadi salah satu sumber pendapatan baru di daerah tersebut. Desa Suana di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, memiliki kekayaan alam berupa rumput laut yang tersebar hampir di seluruh wilayah di Kecamatan Nusa Penida.

Salah satu kelompok yang memiliki usaha pengolahan rumput laut adalah kelompok tani yang dikelola oleh Bapak Wayan yang terletak di Dusun Semaya.

Baca Juga :  UGM Terima 2.821 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNBP

Selain melakukan budidaya rumput laut, kelompok ini juga melakukan pengolahan rumput laut menjadi kripik rumput laut yang pemasarannya sudah tersebar di sekitar Kabupaten Klungkung.

Mahasiswa KKN – PPM Universitas Udayana juga ikut berkontribusi dalam perbaikan desain kemasan kripik rumput laut dan melakukan pemasaran yang dilakukan secara offline (luring) dan online (daring) melalui media sosial Instagram. Selain itu dilakukan juga pelatihan singkat cara membuat konten yang menarik sebagai salah satu upaya kegiatan pemasaran di media sosial.

Baca Juga :  Kadis Made Astika Komitmen Bangun Pendidikan, Olahraga dan Kepemudaan Secara Merata di Buleleng

Selain kripik rumput laut, terdapat juga salah satu usaha pembuatan sambal dari ikan tongkol yang dikelola oleh beberapa kelompok di Dusun Suana yang dikelola oleh Nova, yang bernama Fish Sambal dengan varian ”Sambal Cakalang Bucin”, ”Sambal Tongkol Panggang Baper”, dan ”Sambal Matah Goreng Caper”. Untuk saat ini, produk samba tersebut sudah dipasarkan sampai keluar daerah Pulau Bali. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News