Karaoke World Championship
Kibarkan Merah Putih di Karaoke World Championship, Keke Adiba: Kado untuk HUT Ke-77 Republik Indonesia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Menjelang perayaan HUT ke-77, Indonesia mendapatkan kado istimewa dari ajang internasional. Kado tersebut datang dari Monica Nike Adiba yang berhasil meraih juara pertama dalam lomba Karaoke World Championship (KWC) 2022 yang berlangsung dari 6-13 Agustus di Norwegia.

Dihubungi melalui Whatsapp pada Minggu (14/8/2022) malam, Keke Adiba sapaan akrabnya mengatakan, sebelum meraih juara pertama pada tahun ini, ia juga pernah mengikuti Karaoke World Championship pada tahun 2014 di Stockholm, Sweden dan berhasil meraih juara ketiga.

“Dalam kompetisi ini saya menyanyikan Never Enough, Listen, Don’t u worry bout a thing, dan Bridge Over Trouble Water,” jelas Keke.

Lagu–lagu tersebut dibawakan Keke secara anggun dengan menunjukan kepiawaian permainan nada-nada yang membuat kagum para juri dan penonton.

Tahun ini Keke berhasil menyingkirkan 37 finalis dari 17 negara seperti Australia, Kanada, Denmark Finlandia, Prancis, Yunani, Kazakhstan, Meksiko, Norwegia, Panama, Skotlandia, Singapura, Spanyol, Swedia, Ukraina, dan Amerika Serikat.

“Lawan terberat tahun ini berasal dari Amerika Serikat, Meksiko dan Ukraina,” ungkap Keke.

Baca Juga :  PLN Siagakan 2.700 Posko untuk Amankan Pasokan Listrik Selama Idul Fitri 1445 H

Lebih lanjut Keke menjelaskan, dengan kemenangan ini, Indonesia menjadi dua kali juara berturut-turut dalam ajang Karaoke World Championship, dimana tahun sebelumnya juara pertama diraih oleh perwakilan Indonesia, Shabrina Leonita.

“Tahun ini Shabrina Leonita kembali hadir dalam Karaoke World Championship menjadi guest star,” ucap Keke.

Keke juga bercerita harus melalui banyak tantangan saat mengikuti Karaoke World Championship tahun ini. “Banyak tantangan yang harus dilalui, seperti Jet Lag dari Indonesia ke Norwegia, menempuh penerbangan selama 16 jam, udara dingin tetapi mataharinya panas jadi bikin tenggorokan kering, dan melawan rasa takut pada diri sendiri,” jelas Keke.

Baca Juga :  TPID Denpasar Gelar Pemantauan Ketersediaan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri
Karaoke World Championship
Kibarkan Merah Putih di Karaoke World Championship, Keke Adiba: Kado untuk HUT Ke-77 Republik Indonesia. Sumber Foto : Instagram
@kekeadiba

Disinggung mengenai biaya selama mengikuti Karaoke World Championship, kata Keke untuk tiket, akomodiasi dan konsumsi dibiayai oleh Dehills Radio dan KWC Indonesia, sedangkan untuk kostum disponsori oleh Monika Weber, Alethea Sposa, Melisa Hartanto (Idol) dan Luxevoir.

“Dari pemerintah tidak ada, tetapi saat saya bertanding di Norwegia, Duta Besar RI di Noewegia, Bapak Todung Mulya Lubis beserta staff datang langsung untuk mendukung saya serta diajak makan malam bersama,” tambah Keke.

Dikutip dari Kompas.com, KWC adalah salah satu ajang kompetisi tarik suara bertaraf internasional yang sejak beberapa tahun lalu memiliki perwakilan oleh Indonesia. Setiap perwakilan negara akan beradu bakat dengan peserta dari berbagai negara lainnya dan dinilai oleh perwakilan juri yang berasal dari tiap negara yang mengirim peserta pada ajang KWC.

Baca Juga :  Buka Baligivation 2024, Pj Gubernur Bali Ajak Semua Pihak “Ngrombo” Akselerasi Transformasi Digital

Keke mewakili Indonesia setelah melewati dan mengalahkan 26 finalis dari 14 kota dari tahap seleksi nasional KWC Indonesia yang berlangsung pada bulan Juni 2022 lalu.

Keke yang merupakan penyanyi asal Bali ini, menerima penghargaan di panggung KWC 2022 dengan memegang bendera merah putih.

“Juara 1 ini saya persembahkan untuk negara saya, Republik Indonesia yang pada 17 Agustus nanti merayakan HUT ke-77, dan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang sudah mendukung saya dari awal persiapan keberangkatan saya ke Norwagia,” ucap Keke.

Tak lupa juga ia mengucapkan terima kasih kepada keluarga, terutama suami tercinta. “Untuk Julius, terima kasih sudah mendukung saya dalam keadaan apapun. Tidak pernah melarang saya melakukan apa yang saya mau,” tutup Keke dalam wawancara tersebut.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News