Royal Pro Swimming
Juarai Royal Pro Swimming, Tirta Harapan Denpasar Catat “Hattrick” Juara Umum. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Klub Renang Tirta Harapan Swimming Club (THSC) Denpasar mengukuhkan diri sebagai klub renang terbaik di Bali usai menjuarai event Royal Pro Swimming I tahun 2022, yang berlangsung akhir pekan lalu, di kolam renang Praja Raksaka Denpasar. Dari Raihan 30 medali emas, 25 perak, dan 25 perunggu pada event Royal Pro Swimming I tahun 2022, mayoritas disumbangkan para perenang THSC yang berlaga di kelompok umur (KU) 3, KU 4, dan KU 5.

Di KU 3 putra, perenang I Nyoman Gede Yajamana Swaha mengawali tsunami medali bagi THSC usai mengoleksi 8 medali emas dan 1 perak. Sementara di KU 4 putra, James Sulaiman Malelak tampil dominan dengan perolehan 5 medali emas dan 1 perak. Di KU 5 putri, anak asuhan pelatih I Wayan Erich Hermawadhi Tunas menunjukkan dominasinya melalui Ni Komang Widya Tyari yang menyabet 4 medali emas dan 1 perunggu. Catatan gemilang juga ditorehkan perenang Nyoman Taiyo Arifukatami yang meraih 3 medali emas dan 2 perak sekaligus dinobatkan sebagai perenang putra terbaik KU 2 putra. Selain itu, raihan emas bagi THSC Denpasar juga disumbangkan perenang Komang Gede Mas Dekotama Putra, I Kadek Wira Dita Virandika, Gede Yoga Bayu Putrawan, I Gusti Agung Bagus Abhinaya, Neema Mulansari Swardana, serta Dewa Made Satrya Wedastra.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Gelar Honda Bikers Sholeh dan Brotherfood Gathering Bersama Anak Panti

Juara umum dua pada event ini diraih Takahide Swimming Centre Klungkung dengan perolehan 25 emas, 26 perak, dan 18. Sedangkan Telaga biru Swimming Club Denpasar harus puas bertengger di peringkat tiga usai mengumpulkan 22 medali emas, 19 perak, ditambah 19 perunggu.

Pelatih THSC Denpasar, I Wayan Erich Hermawadhi Tunas mengungkapkan keberhasilan meraih gelar juara umum dan menempatkan 4 perenangnya sekaligus menjadi atlet terbaik di masing-masing kategori merupakan akumulasi dari hasil kerja keras seluruh tim pelatih, kedisiplinan berlatih para atlet, termasuk dukungan dari orang tua. Apalagi event Royal Pro Swimming I tahun 2022 termasuk event bergengsi di Bali lantaran hampir 90% perenang terbaik di Bali ambil bagian pada kejuaraan ini.

Baca Juga :  Humas Harus Memberikan Layanan Publik Secara 'RASA'

Capaian juara umum pada event kali ini sekaligus membuat THSC Denpasar mencatat hattrick atau tiga kali beruntun meraih gelar juara umum di tiga event berbeda. Dua juara umum sebelumnya diraih THSC Denpasar saat menjuarai Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Bupati Kulonprogo Cup IV/2022, Mei lalu di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, dan Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan TMSC, Juni 2022 lalu di kolam renang Tirta Mayura, Mataram, Nusa tenggara Barat.

“Raihan gelar juara umum untuk ketiga kali secara berturut-turut di tiga event berbeda harus mampu memotivasi para atlet untuk terus meningkatkan prestasi. Apalagi awal September mendatang akan berlangsung kejuaraan renang Piala Gubernur Bali 2022 yang melibatkan para perenang terbaik nasional dari berbagai daerah di tanah air. Sebagai persiapan, kami akan memprogramkan latihan intensif pagi dan sore mulai senin hingga sabtu,” ujar I Wayan Erich.

Baca Juga :  SMPN 2 Denpasar Pertahankan Juara Umum Porsenijar

Meski menyabet juara umum, I Wayan Erich menilai evaluasi menyeluruh akan terus dilakukan mengingat performa para atlet masih bisa terus ditingkatkan, terutama 4 orang atlet yang sebelumnya membela Bali pada Kejurnas Renang 2022 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Pada event kali ini, penampilan keempat perenang tersebut belum terlalu maksimal lantaran minimnya waktu recovery yang kurang dari seminggu.

Di sisi lain, menggeliatnya kembali pembinaan olahraga renang di pulau Bali ditandai dengan maraknya kejuaraan, juga diharapkan menjadi sarana melahirkan perenang-perenang potensial yang mampu mengharumkan Bali di kancah nasional.

“Dengan perhatian besar dari Pengprov PRSI Bali, kedepannya perenang Bali harus bangga mengharumkan nama tanah kelahirannya. Apalagi di level nasional Bali sangat disegani, terbukti tim akuatik Bali mampu bertengger menjadi juara umum empat pada ajang kejurnas lalu,” kata I Wayan Erich. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini