Denpasar
Dukung Pemulihan Ekonomi Sesetan, Wali Kota Jaya Negara Buka Sesetan Karnaval IV. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi Sesetan Karnaval IV, Sabtu (13/8/2022) malam di Lapangan Arga Soka, Sesetan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-77 RI ini dimulai dengan penampilan ibu-ibu PKK menarikan Tarian Pendet, dilanjutkan dengan pemberian paket sembako kepada pemangku dan lansia di lingkungan Kelurahan Sesetan. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Camat Denpasar Selatan, I Made Sumarsana, Lurah Sesetan, Putu Wisnu Wardana, Bendesa Pakraman Sesetan, Made Widda, tokoh masyarakat serta seluruh lapisan masyarakat di wilayah Sesetan.

Ketua Panitia Sesetan Karnaval IV, I Made Widiarta mengatakan bahwa pada gelaran Sesetan Karnaval IV diadakan dari tanggal 13-17 Agustus 2022 ini berbagai kegiatan diselenggarakan untuk memberikan ruang para insan Seni dan para pelaku usaha terutama UMKM.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Sampaikan LKPJ TA. 2023 di Hadapan Sidang Paripurna DPRD Kota Denpasar
“Dengan motto Bersama Kita Bangki digunakan sebagai momentum untuk kembali menggelorakan semangat juang masyarakat yang 2 tahun lalu sempat lesu dan vakum akibat Covid-19,” kata Made Widiarta.

Kegiatan Sesetan Karnaval IV berupaya mengakomodir seluruh elemen masyarakat agar ikut terlibat dan berpartisipasi dalam event ini. Mulai dari anak-anak dengan adanya lomba mewarnai, lomba menggambar, dan hiburan sekolah, Pemuda atau Yowana dengan ajang teruna teruni Sesetan dan kirab budaya sementara untuk ibu-ibu PKK dilibatkan dalam kegiatan lomba senam sicita, lomba memasak dan akan diadakan pawai budaya Adi Merdangga PKK, untuk Banjar Adat akan diadakan lomba tarik tambang, dan pada hari terakhir sekaligus memeriahkan agenda 17 Agustus dengan pawai merah putih.

Lebih lanjut dikatakan, selain mengadakan lomba-lomba dalam Sesetan Karnaval IV juga menyerahkan bantuan sembako sebanyak 652 paket untuk lansia dan 58 paket untuk pemangku di lingkungan Kelurahan Sesetan.

Baca Juga :  Honda Kembali Gelar Skill Contest Tingkat Nasional untuk Teknisi dan Wiraniaga

“Pada Sesetan Karnaval IV kami mencoba untuk membuat gebrakan disamping tetap menyediakan stand untuk UMKM dan kuliner masyarakat setempat, kali ini kami mencoba memunculkan pameran serba serbi Sesetan agar bisa menjadi sarana edukasi bagi anak-anak dan masyarakat tentang sejarah desa serta momentum penting lainnya. Dengan Harapan kedepannya Sesetan Karnaval semakin eksis dan berkibar serta dapat menjadi acara rutin tahunan,” katanya

Sementara, Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengapresiasi gelaran Sesetan Karnaval IV tahun 2022 karena dapat mewadahi semua elemen masyarakat seperti halnya anak-anak, Pemuda hingga ibu-ibu PKK. Jaya Negara mengatakan kegiatan semacam ini sangat efektif dan patut ditiru kelurahan/desa lain di Kota Denpasar dalam memberikan ruang bagi masyarakat dalam menggali potensi sekaligus melestarikan seni dan budaya Bali. Selain itu, sinergitas antar lembaga adat dan dinas tentu sangat baik dalam menggali potensi desa menuju kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Sambut Baik Gagasan Menko Marves, Bali Dukung Pelaksanaan Konser Artis Internasional di Indonesia

Jaya Negara menambahkan, dalam setiap gelaran karnaval atau festival, hal yang penting untuk diperhatikan yakni kearifan lokal. Sehingga nilai budaya, nilai ekonomi, nilai sosial serta nilai lingkungan dalam sebuah daerah dapat tumbuh dan bermanfaat dengan maksimal.

“Jadi kegiatan Sesetan Karnaval IV tahun 2022 ini sangat tepat diadakan sehingga bisa membantu masyarakat khususnya di kelurahan Sesetan dalam pemulihan ekonomi ditengah pandemi Covid-19 yang melanda 2 tahun belakangan serta sebagai upaya menjaga tradisi, kesenian dan budaya Bali khususnya Kota Denpasar yang adi luhung dan metaksu,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News