fk unud
Doktor Ilmu Kedokteran Kembangkan Model Edukasi untuk Tingkatkan Kebersihan Gigi dan Mulut Anak Sekolah Dasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bertempat di ruang sidang Pascasarjana Lt III, telah berlangsung ujian Promosi Doktor dengan kandidat promovenda drg. Ni Wayan Mariati, M.Kes dengan judul disertasi ‘Intervensi Model Kombinasi Conventional Education dan Motivational Interviewing Meningkatkan Status Pengetahuan dan Menurunkan Indeks Kebersihan Gigi dan Mulut, Indeks Karies Gigi dan Indeks Gingiva pada Anak Sekolah Dasar di Kota Tomohon Sulawesi Utara’ pada Jumat (12/8/2022).

Penderita gigi berlubang sekitar 89% terdiri dari anak-anak usia dibawah 12 tahun. Ada banyak metode intervensi kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut seperti wawancara motivasi. Wawancara motivasi (Motivation Interviewing) dikembangkan sebagai gaya intervensi. Motivation Interviewing sebagai intervensi inovatif dimana berkembang pendekatan konseling berpusat pada orang.

Baca Juga :  Antisipasi Pintu Masuk Pelabuhan Benoa Pasca Lebaran, Disdukcapil Denpasar Siap Gelar Penertiban Administrasi Kependudukan

Motivational interviewing menuntut para profesional merupakan konselor paling aktif dalam menyajikan masalah dan menawarkan solusi, sementara pasien biasanya bisa keluar dari masalah dan bisa mengambil suatu keputusan.

“Penelitian ini bertujuan membuktikan intervensi Model Kombinasi Conventional Education dan Motivational Interviewing (CE-MI) dapat meningkatkan pengetahuan kebersihan gigi dan mulut dan status kebersihan gigi dan mulut serta menurunkan status karies gigi dan status gingiva pada anak anak Sekolah Dasar di Kota Tomohon,”ungkap Mariati.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa intervensi Model CE-MI (Conventional Education dan Motivational Interviewing) dapat meningkatkan pengetahuan dan status kebersihan gigi dan mulut serta menurunkan status karies gigi dan status gingiva pada anak anak Sekolah Dasar kelas 5 dan 6 di Kota Tomohon.

Ujian dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Dr. dr. I Made Sudarmaja, M.Kes.

Baca Juga :  Astika Pande Paparkan Potensi Metaverse untuk Pendidikan di DTIK Festival 2024

Pada ujian kali ini Dr. drg. Ni Wayan Mariati, M.Kes dinyatakan lulus sebagai Doktor Lulusan ke- 356 Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dengan predikat SANGAT MEMUASKAN. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News