Clay Marzo
Clay Marzo Raih Ombak Sempurna. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Clay Marzo memanfaatkan peluang setelah Benji Brand cedera dengan menemukan alur permainannya hingga mendominasi final. Peselancar asal Hawaii, Erin Brooks, menampilkan permainan bersejarahnya sebagai peselancar termuda yang bersaing dalam acara tersebut, berada di posisi keempat dan memenangkan super heat wanita.

Peselancar Indonesia memberikan semangat kepada para penonton lokal: Juara dua kali Mega Semadhi menjadi runner-up, Mega Artana mendapatkan posisi ketiga, Sabtu (6/8/2022).

Hasil Final Piala Rip Curl 2022:

  1. Clay Marzo (HAW) 18,73
  2. Mega Semadhi (IDN) 15.23
  3. Mega Artana (IDN) 12,53
  4. Erin Brooks (HAW) 11.57

Clay Marzo dari Hawaii menampilkan pertunjukan tube ride kelas dunia dan tampil sebagai pemenang di Rip Curl Cup 2022 di Padang Padang, ombak barel terbaik di semenanjung Bukit Bali.

Marzo, yang awalnya tidak lolos ke semifinal, bernasib baik ketika juara bertahan Benji Brand harus mundur karena cedera. Marzo berada di urutan berikutnya untuk maju dan diberi kesempatan lain. Setelah nyaris kehilangan gelar dengan finis sebagai runner-up di kompetisi tahun 2019, Marzo sepenuhnya memanfaatkan kesempatan keduanya, membuka jejak penebusan melalui semifinal dan final.

“Sangat luar biasa di luar sana. Saya sangat bersemangat untuk mendapatkan ombak barel itu, beberapa ombak terbaik yang pernah ada,” kata Marzo.

Marzo menambahkan, bola lampu menyala ketika ia mengetahui bahwa masih berada di dalam acara tersebut. Tekanannya hilang setelah berpikir ia keluar dan menemukan alurnya.

“Benji menyuruhku untuk mengambilnya,” ucap Marzo.

Baru saja kembali dari penampilannya yang mendapatkan medali emas di ISA World Juniors dan perjalanan impian ke kepulauan Mentawai, fenomena Erin Brooks yang berumur 15 tahun dari Hawaii terus menggemparkan dunia selancar dan membuat sejarah di berbagai hal.

Di arena yang melibatkan semua pria selain dirinya, Brooks adalah wanita termuda yang berkompetisi dalam acara tersebut. Dia maju ke final dimana dia mendapatkan tempat keempat, memperkuat tempat sebagai salah satu pengendara ombak barel utama di planet ini.

Baca Juga :  Persaingan Panas di Putaran 1 Rip Curl Cup Padang-padang 2022

Selain itu, ia meraih gelar juara Women’s Super Heat wanita perdana di mana empat pesaing wanita terbaik turun ke Padang Padang untuk menampilkan aksi terbaik dalam perkembangan selancar wanita.

“Semua pria dan wanita melakukannya dengan sangat baik. Menyenangkan bisa bersaing dengan keduanya. Ombak besar tidak henti-hentinya datang dan saya sangat senang dengan penampilan saya. Para peselancar wanita juga sangat baik padaku dan mereka juga berselancar dengan sangat hebat di sini,” kata Brooks.

Brooks melanjutkan, akan terus melakukan yang terbaik dan terus mendorong dunia selancar wanita.

Duo Indonesia Mega Semadhi dan Mega Artana membuat negara asalnya bangga, masing- masing mendapatkan tempat kedua dan ketiga di final. Keduanya menunjukkan pengetahuan dan keahlian mereka tentang ombak Padang Padang, membuat Marzo yang memimpin heat final harus bekerja sangat keras.

Artana berseri-seri dengan gembira ketika dia berbicara tentang penampilannya. “Luar biasa bisa berselancar di platform ini. Acara ini sangat penting, terutama bagi orang Indonesia. Padang seperti ombak Pipe (di Hawaii) versi Indonesia. Jika Anda ingin menjadi besar dengan media dan sponsor, Anda harus melakukannya di Padang,” kata Artana.

Presiden Direktur Rip Curl Indonesia, James Hendy mengucapkan, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada komunitas lokal, kepada semua peselancar lokal yang mengizinkan kami melakukan ini setiap tahun dan berbagi Pantai Padang-padang.

“Saya rasa bagi masyarakat sekitar, dan juga para peselancar yang bertualang mengejar ombak, melihat event ini diadakan kembali saja sudah sangat special. Ini adalah kesempatan besar bagi dunia dan komunitas selancar lokal untuk melihat peselancar ombak barel terbaik di dunia berselancar melawan peselancar terbaik dari tempat mereka berasal. Ini benar-benar sesuatu yang unik dan itulah mengapa kami mengadakan acara ini.,” lanjut Hendy.

Baca Juga :  Ini Dia Daftar 16 Peselancar yang Bersaing di Rip Curl Padang-padang Cup 2022

Hendy menambahkan, mengadakan sesi surfing wanita pada gelombang dengan konsekuensi seperti ini, gelombang yang sangat serius, merupakan hal yang besar untuk level olahraga ini.

“Ada begitu banyak wanita yang mendorong batas kenyamanan berselancar dengan hebat di ombak yang berat. Ini memberdayakan bagi anak perempuan untuk melihat bahwa mereka dapat melakukannya dalam kondisi seperti ini,” ujar Hendy.

Rip Curl Cup edisi ke-16 dimulai di bawah langit cerah dan kondisi yang luar biasa pada Kamis pagi di semenanjung Bukit Bali. Ini menjadi momen penting bagi komunitas selancar lokal Indonesia karena menjadi event yang pertama digelar sejak 2019 akibat pandemi global.

Kompetisi menampilkan format round-robin baru di mana masing-masing dari 16 kompetitor berselancar di dua babak, mendapatkan poin berdasarkan posisi mereka di tiap heat, yang menentukan 8 peselancar teratas untuk maju ke babak semifinal eliminasi tunggal.

Meskipun tidak maju melalui dua ronde pertama, Luke Swanson dari Hawaii tampil dengan penuh aksi, mencetak skor tertinggi dari satu ombak di tahap round-robin dengan 9,7, Swanson berselancar menembus 2 ombak barel yang secara teknis sangatlah sulit, yang membuat kerumunan di pantai bertepuk tangan dengan sangat antusias.

“Saya tidak ingin menginterupsi Nic Von Rupp pertama kali saya berselancar melawannya, jadi saya membiarkan dia mengambil gelombang pertama set itu. Saya mendengar mereka berteriak (untuk Nic, red) saat saya melambai di belakangnya, dan tentu saja, dia mendapat 9,33 dan saya mendapat 9,7 ,” kata Swanson.

Kemudian Women’s Super Heat hadir, menjadi tambahan baru di acara ini, yang memberi beberapa peselancar wanita muda masa depan, kesempatan untuk menampilkan bakat mereka di panggung global pada ombak barel kelas dunia.

Women’s Super Heat menampilkan dua peselancar lokal dan dua peselancar internasional. Berjuang melalui kondisi air pasang tinggi yang menantang, Brooks mengambil kemenangan dan masing-masing diikuti oleh Kailani Johnson dari Indonesia, Ziggy Mackenzie dari Australia, dan Taina Izquierdo dari Indonesia.

Baca Juga :  Made Adi Putra Menangkan Rip Curl Cup Trials dengan Skor Nyaris Sempurna

Marzo dan Brooks lolos ke semifinal lebih dulu. Brooks tidak puas dengan finis di 8 besar, melanjutkan perjalanan bersejarahnya dengan ombak terbaik di babak semifinal. Brooks mengukir dengan sempurna skor 8 untuk memberikannya tiket ke final.

Brooks dan Marzo memanfaatkan kesalahan dari pemain Portugal Nic von Rupp. Hanya membutuhkan 2,56 untuk maju dan memiliki prioritas, von Rupp melepaskan ombak dengan potensi mencetak gol di menit-menit terakhir, yang kemudian diubah Marzo menjadi 5,17 untuk meningkatkan total skornya.

Semifinal kedua memanas, dengan Semadhi dan Artana mendapatkan skor ombak yang sangat baik untuk mengalahkan Ian Crane dari AS yang memiliki perjalanan sangat baik.

Final jadi milik Indonesia dan Hawaii, mempertemukan Hawaii, Marzo dan Brooks, melawan lokal, Semadhi dan Artana.

Marzo menunjukkan kegugupan dan kesabarannya terbayar di final. Ketika dia melihat ombak yang dia sukai, dia memposisikan dirinya dalam perjalanan ombak barrel yang sangat panjang untuk mendapatkan 10 poin di perjalanan pertama dan satu-satunya yang sempurna dari acara tersebut. Tidak puas dengan skornya yang sempurna, Marzo kemudian melanjutkan untuk membuatnya terlihat mudah dengan dua skor luar biasa lainnya yaitu 8,87 dan 8,33 dalam perjalanannya meraih gelar perdananya di acara tersebut.

Saat Marzo menempatkan tubuhnya dalam posisi kombo, tiga pesaing lainnya mengemasi ombak barrel impresif mereka demi mencoba memecahkan barrel kombo. Semadhi mendapatkan sepasang poin 7, sementara Artana mendapatkan 9 poin. Brooks terus berselancar jauh melampaui usianya dan mengemas ombak barrelnya untuk mengakhiri penampilannya yang bersejarah. Tetap saja, tidak ada yang bisa menandingi kecemerlangan Marzo. (aar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini