Paskibraka
Bupati Sedana Arta Kukuhkan Paskibraka Kabupaten Bangli Tahun 2022. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Bangli Tahun 2022, bertempat di Alun-alun kebanggaan Kabupaten Bangli, Senin (15/8/2022) malam.

Dalam pengukuhan tersebut turut hadir Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, Pimpinan Forkompinda Kabupaten Bangli, Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli, serta undangan lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangli, I Komang Pariarta dalam laporannya menyampaikan sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Bangli Nomor : 426/91/2022  tentang panitia pelaksana teknis kegiatan  pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Bangli Tahun Anggaran 2022. Pelatihan dan Pembinaan Paskibraka Kabupaten Bangli pada Tahun ini telah dilaksanakan pelatihan mulai tanggal 28 Juli 2022, dilanjutkan dengan pembukaan latihan pada Senin, 8 Agustus 2022 yang sekaligus dirangkaikan dengan masuknya peserta calon Paskibraka ke Asrama yang bertempat di Asrama Diklat Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali di Bangli.

Selain pelatihan di lapangan Calon Paskibraka Kabupaten Bangli juga diberikan materi pembekalan antara lain, teori pendidikan bela negara dari Dandim 1626 Bangli, Hukum dan korupsi diberikan oleh Kejaksaan Negeri Bangli, Kenakalan remaja dan narkotika diberikan oleh Kepolisian Resort Bangli, Undang- Undang Pendidikan dan informasi tentang kurikulum merdeka diberikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangli, Manajemen organisasi dan sejarah Paskibraka diberikan oleh Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Bangli, kemudian untuk praktek, Latihan Orientasi.

Baca Juga :  Penurunan Bendera dan Syukuran Peringatan HUT Ke-77 RI 

“PBB dan pengenalan formasi telah dilaksanakan di Alun-alun Kota Bangli dari tanggal 28 Juli sampai dengan 14 Agustus 2022. Latihan dilaksanakan dalam 2 sesion, pagi mulai pukul 08.00 s.d. 12.00 Wita, sore mulai pukul 13.00 s.d.18.00 WITA,” ujar Kadisdik asal Desa Tamanbali tersebut.

Komang Pariarta menambahkan Peserta Paskibraka Tahun 2022 berjumlah 62 Orang hasil seleksi tingkat Kabupaten Tahun 2022, terdiri dari 31 orang laki-laki dan 31 perempuan, membentuk fotmasi pasukan 17, 8 dan 45, serta untuk pelatih, pembina dan panitia berjumlah 38 Orang.

Sementara itu Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya menyampaikan anggota Paskibraka adalah pemuda-pemudi yang terpilih melalui seleksi yang sangat ketat, harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan tentunya anak-anak semuanya bangga karena mendapatkan kehormatan dan kepercayaan yang begitu tinggi untuk mengemban tugas yang mulia pada hari bersejarah tanggal 17 Agustus 2022.

“Pertanggungjawabkan kepercayaan dan kehormatan itu laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya karena tidak semua mendapat kesempatan mengemban misi yang mulia ini, oleh karena itu apa yang akan dilaksanakan oleh Paskibraka pada tanggal 17 Agustus mendatang sebagai tonggak penting, tonggak bersejarah dalam melangkah kedepan, mempersiapkan diri untuk menjadi putra-putri terbaik bangsa,” ujar Sedana Arta.

Sedana Arta menambahkan, para pendahulu kita telah meletakkan pilar-pilar kehidupan bernegara yang menjadi penopang dan sumber bagi pembangunan dan kemajuan bangsa kita, yang pertama falsafah, ideologi dan dasar negara kita, Pancasila. Yang kedua adalah Undang-Undang Dasar 1945 yang didalamnya memuat cita-cita, tujuan serta dasar negara kita, yang ketiga adalah bentuk negara, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan yang keempat adalah moto nasional, slogan atau sesanti kita Bhineka Tunggal Ika, hidup dalam kemajemukan yang bersatu.

“Empat pilar inilah yang sangat penting untuk terus kita hidupkan, kita aktualisasikan dalam mengelola kehidupan berbangsa dan bernegara kita dalam membangun hari esok yang lebih baik,” kata Sedana Arta.

Baca Juga :  Lomba Gerak Jalan Siap Meriahkan HUT Ke-77 RI, Hadiah Ratusan Juta

Bupati asal Desa Sulahan tersebut mengucapkan selamat atas terpilihnya anak-anak menjadi anggota Paskibraka tahun 2022.

“Persiapkan diri baik-baik sejak sekarang, melewati tonggak sejarah yang penting kedepan untuk untuk siap melanjutkan tugas kepemimpinan di negara ini, di seluruh tanah air, dalam cabang profesi yang berbeda-beda, bangun persatuan, kerukunan, dan kekompakan diantara sesama warga negara, diantara sesama generasi muda dan khusus untuk menghadapi tugas penting pada tanggal 17 Agustus nanti, persiapkan diri, jaga kesehatan, konsentrasi yang baik, dengan demikian tugas penting nanti, saat upacara pengibaran maupun saat upacara penurunan bendera dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu membimbing, menuntun perjalanan anak-anak , menuju hari esok yang baik dan juga memberikan kekuatan kepada kita semua , bangsa Indonesia untuk berjuan menuju cita-cita para pendahulu kita, cita-cita kita bersama,” tutup Sedana Arta dalam sambutannya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini