Paskibraka
Bupati Mahayastra Kukuhkan Paskibraka Kabupaten Gianyar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Bupati Gianyar Made Mahayastra mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Gianyar tahun 2022, di Open Stage Balai Budaya Gianyar, Senin (15/8/2022) malam.

Paskibraka yang akan bertugas pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2022 di Alun-alun Kota Gianyar merupakan putra dan putri yang terpilih dan diseleksi dari perwakilan SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar.

Pengukuhan ditandai dengan penyematan lencana kepemimpinan dan kendit selaku perintis pemuda, dan Penciuman Sang Merah Putih, yang disaksikan oleh seluruh jajaran Forkopimda dan Kepala OPD Kabupaten Gianyar.

Pejabat Fungsional Analis Kebijakan pada Dispora Kabupaten Gianyar, I Wayan Perasta Antara mengatakan Pasukan Paskibraka yang akan bertugas dalam upacara bendera peringatan detik-detik proklamasi dan acara penurunan bendera pada tanggal 17 Agustus 2022, terdiri dari Pasukan 17, 2 regu Pasukan 8 dan Pasukan 45.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Beri Dukungan Moril Kepada Tim Paskibraka Kota Denpasar

“Ada Pasukan 8, Pasukan 17 dan Pasukan 45. Dimana untuk Pasukan 8 ada yang bertugas mengibarkan bendera dan ada yang bertugas menurunkan bendera,” terang Wayan Perasta Antara.

Para petugas Paskibraka ini, dikukuhkan setelah melewati berbagai tahap seleksi dan karantina oleh panitia yang dikoordinir oleh TNI, Polri, Danyon Zipur dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Gianyar. Tahapan seleksi Paskibraka Kabupaten Gianyar dibagi menjadi 3 tahap, pertama sebanyak 290 orang dipilih dari sekolah SMA/SMK se-Kabupaten Gianyar, kemudian pada tahap kedua diseleksi menjadi 100 orang, dan pada tahap ketiga kembali diseleksi menjadi 78 orang.

Baca Juga :  Bupati Buleleng Kukuhkan Anggota Paskibraka 2022

“Calon Paskibraka terpilih terdiri dari pasukan inti sebanyak 75 orang dan cadangan 3 orang,” kata Wayan Perasta Antara.

Pelatihan secara intensif dilakukan mulai tanggal 8 Agustus hingga 18 Agustus 2022. Pengukuhan dilaksanakan 15 Agustus kepada 75 orang calon paskibraka yang terdiri dari 39 orang perempuan dan 36 orang laki-laki dengan koordinator dari TNI.

“Untuk tahun genap dikoordinir oleh TNI dan tahun Ganjil oleh Polri,” tandas Wayan Perasta Antara.

Dirinya berharap kedepannya para Paskibraka yang sudah dikukuhkan nantinya dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan yang diamanatkan para pelatih serta dapat mengemban tugas dari Dispora Kabupaten Gianyar.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini